PELATIHAN MEMBANGUN KARAKTER ENTREPRENEUR MELALUI INTERNET OF THINGS BAGI SISWA SMK AL-HIKMAH, KALIREJO, LAMPUNG SELARAN

mai diana, Emi Suwarni, Yusra Fernando, Selamat Samsugi, Cinthya Bella, Dwi Gema

Abstract


Media sosial hadir seiring dengan perkembangan teknologi dan internet. Jika sebelumnya masyarakat hanya dapat melakukan komunikasi dan interaksi bertatap muka secara langsung serta lewat telepon. Saat ini masyarakat dapat saling sapa mengirimkan pesan menggunakan media sosial. Sampai saat ini media sosial menjadi bagian penting dalam kehidupan sosial dimana masyarakat dapat membagikan foto, video, menyukai dan berinteraksi antar pengguna, sehingga sosial media secara tidak langsung merubah perilaku konsumen (Ahani, Rahim dan Nilashi, 2017). Demikian juga penggunaan media sosial yang tidak hanya dipergunakan oleh masyarakat umum, namun dapat juga dapat dimanfaatkan bagi dunia pendidikan, khususnya sekolah. Penggunaan media sosial bagi pendidikan dapat dimanfaatkan bagi guru dan siswa, untuk dapat diterapkan di masyarakat, dan dapat membantu orang tua siswa secara lebih mandiri. Sehingga perlu adannya sosialisasi dan pelatihan untuk memanfaatkan sosial media dengan dunia bisnis dan dalam belajar meningkatkan kemampuan siswa-siswi dalam memaksimalkan penggunaan sosial media. Metode pelaksanaan PKM ini meliputi pendekatan kualitatif yang meliputi pendekatan institusional dan pendekatan partisipatif. Luaran Kegiatan ini diantaranya adalah luaran wajib yang terdiri dari: laporan kemajuan kegiatan PKM, laporan akhir kegiatan PKM, publikasi pada media massa cetak, video kegiatan yang d iunggah di youtube, peningkatan keberdayaan mitra Sekolah Binaan dan publikasi artikel ilmiah pada jurnal nasional pengabdian masyarakat terakreditasi.


Full Text:

PDF

References


Ahmad, I., Prasetyawan, P., & Sari, T. D. R. (2019). Penerapan Algoritma Rekomendasi Pada Aplikasi Rumah Madu Untuk Perhitungan Akuntansi Sederhana Dan Marketing Digital. In Prosiding Seminar Nasional Darmajaya (Vol. 1, pp. 38-45).

Kelara, B. N., & Suwarni, E. (2020). PERAN INFORMASI AKUNTANSI DALAM MENINGKATKAN PERTUMBUHAN KINERJA USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 13(1), 45-53.




DOI: https://doi.org/10.33365/comment.v2i1.99

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Office

Universitas Teknokrat Indonesia

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

 Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No. 9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia

Telepon : 0721 70 20 22

http://jurnal.teknokrat.ac.id/index.php/journalcomment