ANALISIS DAMPAK PERMASALAHAN PANDEMI COVID-19 PADA UMKM LISA COLLECTION

Defia Riski Anggarini

Abstract


Pengabdian ini bertujuan untuk membantu pelaku UMKM dalam menumbuhkan semangat bangkit dari keterpurukan dampak pandemi Covid-19 melalui berbagai upaya manajemen pemasaran yang baik. Pengabdian ini dilakukan pada mitra UMKM Lisa Collection yang beralokasi di Mall Boemi Kedaton Jl. Sultan Agung No.1, Kedaton, Bandar Lampung. Metode yang digunakan adalah metode survey ke lokasi usaha dan penyampaian solusi dari permasalahan yang terjadi terkait dengan penurunan penjualan dimasa pandemi, berhentinya permintaan dari pelanggan, sulit mengakses pasar, dan belum memaksimalkan pemasaran online serta simulasi dan diskusi mengenai manajemen, pengelolaan keuangan, pemasaran produk dan penerapan program promosi yang berdampak pada kesejahraan UMKM. Solusi permasalahan yang ditawarkan terkait dengan penurunan penjualan adalah melakukan penjualan melalui media sosial, peningkatan pelayanan, dan kualitas produk juga dapat dilakukan terkait masalah berhentinya permintaan dari pelanggan.

 

Kata kunci: Covid-19, Media Sosial, Peningkatan Pelayanan, Kualitas Produk


Full Text:

PDF

References


Alfin, A. (2021). ANALISIS STRATEGI UMKM DALAM MENGHADAPI KRISIS DI ERA PANDEMI COVID-19. 1(8).

Alfrian, G. R., & Pitaloka, E. (2020). Strategi Usaha Mikro, KEcil, dan Menengah (UMKM) Bertahan pada Kondisi Pandemik Covid 19 di Indonesia. Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV) Ke-6, 6(2), 139–146.

Amri, A. (2020). DAMPAK COVID-19 TERHADAP UMKM DI INDONESIA 1. Latar Belakang Koperasi dan UMKM merupakan jenis usaha yang memiliki peran penting dalam peningkatan PDB (Pendapatan Domestik Bruto) satu negara khususnya di Indonesia dengan menghadapi Era Industri 4. 0. 2(1).

Mustikarani, T. D., & Irwansyah, I. (2019). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Industri Fashion Indonesia. Warta ISKI, 2(01), 8–18. https://doi.org/10.25008/wartaiski.v2i01.23

Olivia, D., Rachmat, N., Ariyanti, M., & Zuliestiana, D. A. (2016). Pengaruh Celebrity Endorser di Media Sosial Instagram dalam Promosi Produk Hijab terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus pada Akun Instagram @ zahratuljannah dan @ joyagh ) “ Influence of Instagram Celebrity Endorsement on Consumer Buying Intention for. 3(3), 2858–2865.

Purbaningsih, I. (2021). Hubungan Antara Iklim Organisasi Dan Kepuasan Kerja Dengan Intensi Turnover Melalui Komitmen Afektif Pada Karyawan Pt. Wisang Utama Mandiri Di Masa Pandemi Covid 19. 1–14.

Rosita, R. (2020). Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap Umkm Di Indonesia. Jurnal Lentera Bisnis, 9(2), 109. https://doi.org/10.34127/jrlab.v9i2.380

Sugiri, D. (2020). Menyelamatkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah dari Dampak Pandemi Covid-19. 19(1), 76–86. https://doi.org/10.32639/fokusbisnis.v19i1.575

Sulaksono, J. (2020). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.29407/gj.v4i1.13906




DOI: https://doi.org/10.33365/comment.v1i1.56

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Journal of Community Empowerment (Comment)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Faculty of Economics and Business 
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : http://jurnal.teknokrat.ac.id/index.php/journalcomment
E : comment@teknokrat.ac.id