MENGUASAI STRATEGI PEMASARAN DIGITAL YANG KUAT UNTUK PRODUK KERAJINAN MANIK: WADAH TISU DAN WADAH MINUMAN GELAS DARI NEGARA BATIN

Ade Candra, Afrianto Afrianto, Intan Hamzah, Khairani Putri Salsya, Bayu Putra Pratama

Abstract


Desa Negara Batin, yang terletak di Kabupaten Way Kanan, Provinsi Lampung, memiliki potensi kerajinan tangan yang besar, terutama dalam pembuatan produk kerajinan manik seperti wadah tisu dan wadah minuman gelas. Meskipun produk ini telah mendapatkan perhatian positif di tingkat lokal, pengrajin masih menghadapi tantangan dalam memperluas jangkauan pemasaran karena keterbatasan pengetahuan dan keterampilan dalam memanfaatkan platform digital. Program pelatihan ini bertujuan untuk mengatasi kendala tersebut dengan memberikan edukasi tentang pemasaran berbasis e-commerce, yang meliputi penggunaan media sosial dan marketplace. Pelatihan ini berhasil meningkatkan pemahaman peserta tentang pemasaran digital, dan hasil menunjukkan antusiasme serta keterlibatan aktif para peserta. Namun, beberapa keterbatasan muncul, seperti kurangnya penggunaan perangkat digital selama pelatihan dan buruknya kualitas koneksi internet. Meskipun demikian, pelatihan ini dinilai berhasil dan direncanakan untuk diperluas cakupannya di masa mendatang guna mendukung pengrajin dalam meningkatkan pemasaran produk mereka ke pasar yang lebih luas.

 

Kata kunci : Kerajinan Manik, Pemasaran Digital, E-commerce, Desa Negara Batin, Wadah Tisu, Wadah Minuman Gelas, Pelatihan Pemasaran, Media Sosial, Marketplace.


Full Text:

PDF

References


Bahtiar, R. A. (2020). Potensi, peran pemerintah, dan tantangan dalam pengembangan e-commerce di Indonesia [Potency, Government Role, and Challenges of E-Commerce Development in Indonesia]. Ekonomi & Kebijakan Publik, 11(1), 13–25. http://jurnal.dpr.go.id/index.php/ekp/article/view/1485

Hotana, M. S. (2018). Industri e-commerce dalam menciptakan pasar yang kompetitif berdasarkan hukum persaingan usaha. Jurnal Hukum Bisnis Bonum Commune, 1(1), 28. doi:10.30996/jhbbc.v0i0.1754

Rahmidani, R. (2015). Penggunaan e-commerce dalam bisnis sebagai sumber keunggulan bersaing perusahaan. Jurnal SNEMA-2015 Padang-Indonesia, pp. 344-352. http://fe.unp.ac.id/sites/default/files/unggahan/26

Rahmatika, R., Dhika, H., & Isnain, N. (2020). Penerapan e-commerce pada kelompok PKK di Kelurahan Pabuaran – Cibinong. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 218.

doi:10.30998/jurnalpkm.v3i3.4614

Rosyad, S. (2018). Efektifitas dan efisiensi penerapan e-commerce pada PT. Wahana Surya Plastik. Jurnal Manajemen, 3(1), 627. doi:10.30736/jpim.v3i1.146

Suwarni, E., Rosmalasar, T. D., Fitri, A., & Rossi, F. (2021). Sosialisasi kewirausahaan untuk meningkatkan minat dan motivasi siswa Mathla’ul Anwar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(4), 157–163. doi:10.52436/1.jpmi.28

Vahlia, I., & Lelawati, N. (2019). Pelatihan e-commerce dan manajemen keuangan sebagai langkah meningkatkan pendapatan pada keripik pisang Arjuna. Jurnal Hilirisasi IPTEKS, 2(4), 1–10.




DOI: https://doi.org/10.33365/comment.v4i2.504

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Journal of Community Empowerment (Comment)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Faculty of Economics and Business 
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : http://jurnal.teknokrat.ac.id/index.php/journalcomment
E : comment@teknokrat.ac.id