PENGARUH PENINGKATAN PENJUALAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI PADA UMKM BUNGA BAKERY

Fita Hidayatul Insani, Sherli Restalina, Lutfi Arya Hadi Prayoga, Risky Pratama Panggabean

Abstract


Peran UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) sangat besar untuk pertumbuhan perekonomian Indonesia yang menyumbangkan hingga 96,9% penyerapan energi kerja. UMKM sebagai alternatif warga negara Indonesia untuk memperoleh pekerjaan. Dengan menciptakan usaha sendiri dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan menghasilkan keuntungan pribadi dan dapat memanfaatkan sumber daya yang ada sehingga keberlangsungan hidup usaha kecil dapat terus berkembang. UMKM salah satu penggerak roda perekonomian di daerah maupun di Indonesia, salah satunya adalah UMKM Bunga Bakery yang bergerak dalam produksi makanan. Program pengabdian kepada masyarakat mendapat respon positif dari pelaku UMKM. Dengan demikian hasil program yang telah dilaksanakan menunjukkan peningkatan pengetahuan strategi peningkatan penjualan pelaku UMKM untuk memasarkan produknya. Kata kunci: UMKM, Ekonomi, Penjualan.

Full Text:

PDF

References


Purba, D. R. & Henny, A.W.(2023). Peningkatan Daya Saing Produk Donat Mercon Melalui Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Volume 7, No 1, 189-195.

Arinastuti, Mayla, S.(2023). Usaha Difersifikasi Usaha Pada UMKM Yunsto Donat & Snack Desa Purwokerto LorKecamatan Purwokerto Timur, Kabupaten Banyumas. Wikuacitya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Volume 2, No 2, 300-303.

Samsiyah, S., ett. all.(2022). Strategi Peningkatan Penjualan Melalui Packaging Produk Yang Menarik Pada UMKM di Desa Banjarsari Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik. Ekobis Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat. Volume 3, No 2, 81-88.

Noer, I., ett. all.(2022). Pendampingan Digital Marketing Pada Pelaku UMKM Dalam Upaya Peningkatan Efisiensi Penjualan Di Era Transisi Menuju Endemi Covid-19 . Jurnal Pengabdian Nasional. Volume 3, No 2, 109-117.

Cay, S & Jeni, I.(2020). Strategi Pemasaran E-commerce Untuk Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus UMKM di Kota Tangerang Selatan). Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknologi. Volume 4, No 2, 160-170.




DOI: https://doi.org/10.33365/comment.v3i2.382

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Journal of Community Empowerment (Comment)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Faculty of Economics and Business 
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : http://jurnal.teknokrat.ac.id/index.php/journalcomment
E : comment@teknokrat.ac.id