SOSIALISASI KECANDUAN PENGGUNAAN GAWAI (GADGET) PADA KALANGAN SISWA SMPN 4 TAPUNG HILIR

Wulan Sri

Abstract


Penggunaan gawai menyebabkan remaja menjadi kurang bersosialisasi menghabiskan sebagian besar waktu dengan memainkan gawai dan membawa gawai kemanapun pergi. Hal tersebut terjadi pada Suku Bajo yang mengalami perubahan sosial sehingga berdampak pada pola kehidupan.Untuk meminimalisir penggunaan gadget pada kalangan remaja khusus nya pada siswa SMPN 04 desa Gerbang Sari maka perlu ada nya Sosialisasi bahaya penggunaan gadget yang berlebihan, terdapat 150 siswa mengikuti sosialisasi yang dilakukan oleh mahasiswa Kukerta.Hasil penelitian tiga tema ini yaitu pemakaian gawai, kecanduan dan sosialisasi mengungkapkan bahwa pemakaian gawai memerlukan biaya untuk operasional dan pemakaian gawai secara berlebihan akan berdampak bagi kesehatan dimana remaja memiliki rasa ketergantungan terhadap gawai yang memiliki desain menarik, serta menimbulkan sikap individual dan acuh tak acuh. Simpulan penelitian ini adalah remaja mulai kehilangan waktu bersosialisasi akibat penggunaan gawai yang tertarik pada aplikasi yang ada di dalamnya.

 

Kata kunci : Gawai, Kecanduan, Remaja, Desa Gerbang Sari.


Full Text:

PDF

References


Admar, H., Yakub, E., & Rosmawati. (2018). Penggunaan gadget dan kepribadian penggunanya di SMPN 3 Pekanbaru. Jom Fkip, 5(2), 1–12.

Alauddin, I. M., Bauto, M. L. O., & Sarpin. (2016). Perubahan pola kehidupan Suku Bajo pasca penetapan zonasi taman nasional: Studi di Desa Lamanggau Kecamatan Tomia

Pangastuti, R. (2017). Fenomena gadget dan perkembangan sosial bagi anak usia dini. Indonesia Journal of Islamic Early Chlidhood Education, 2(2), 166–174.

Purwanto, E., Atina, V., & Desylawati, E.

S. (2017). Sistem pakar deteksi dini gangguan mata dan syaraf akibat penggunaan smartphone. Jurnal Informatika Upgris, 3(2), 152–162.

Riani, V. F. (2016). Gambaran ketergantungan smartphone terhadap produktivitas kerja pada pekerja CV. Traveline Citra Nusantara Yogyakarta. Sanata Dharma Yogyakarta.

Abdul Wahid dan Mohammad Labib. 2005. Kejahatan Mayantara (Cyber Crime). PT. Rafika Aditama. Jakarta.

Enny. 2014. Efek Samping Penggunaan Ponsel. GEMA Teknologi. Vol. 17 No. 4. Universitas Diponegoro. Semarang.

Hasil Seminar: Pengaruh Gadget terhadap Perkembangan Anak pada tanggal 25 September 2016 oleh Suwarsi

Dewi, W. N. A., Marini, M., Khasanah, K., & Rifandi, R. A. (2022). Sosialisasi Dampak Kecanduan Penggunaan Gadget Bagi Kehidupan Anak Sekolah di SMP Fransiskus Semarang. Manggali, 2(1),120-12




DOI: https://doi.org/10.33365/comment.v3i2.335

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Journal of Community Empowerment (Comment)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Faculty of Economics and Business 
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : http://jurnal.teknokrat.ac.id/index.php/journalcomment
E : comment@teknokrat.ac.id