PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MELALUI PUBLIC SPEAKING DI SMA NEGERI 2 KOTA AGUNG

Intan Hamzah

Abstract


Abstrak

Kemampuan berbicara juga dapat menjadikan seseorang menjadi pemimpin karena public speaking merupakan komunikasi secara lisan tentang suatutopik dihadapan orang yang bertujuan untuk mempengaruhi, mendidik, memberi penjelasan serta memberi informasi kepada orang lain agar orang tersebut tertarik dengan apa yang kita sampaikan. Pengabdian kepada Masyarakat yang dilakukan di SMAN 2 Kota Agung yang memiliki tujuan untuk mendampingi para siswa-siswi untuk memiliki Public Speaking yang baik. Ada tiga sesi dalam kegiatan pengabdian ini, yaitu: 1) penyampaian materi mengenai Public Speaking, 2) Story telling dan praktik, 3) Speech dan praktik. Keterlibatan para siswa dalam proses pembelajaran Public Speaking ini pada akhirnya dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa dalam berbicara Bahasa Inggris dan menurunkan persepsi negatifnya terhadap Bahasa Inggris. Lebih lanjut, kegiatan ini diharapkan dapat dilakukan secara berkelanjutan di masa yang akan datang sehingga dapat tercapai tujuan pembelajaran Bahasa Inggris secara holistik. 

 

Kata kunci: bahasa inggris, public speaking, speech, story telling


Full Text:

PDF

References


Aisyah, S., Noviyanti, E., & Triyanto, T. 2020. Bahan Ajar Sebagai Bagian Dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Salaka: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya Indonesia, 2(1).

Chumaeson, W. (2020). Pelatihan Publik Speaking Pada Generasi Muda Desa Kiringan

Boyolali. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 1(08), 137-143.

Lasmery, R. G. (2018). Public Speaking Sebagai Bagian Dari Komunikasi Efektif (Kegiatan PKM di SMA Kristoforus 2, Jakarta Barat). Jurnal Pengabdian Dan Kewirausahaan, 2(2), 81–85.

Nugrahani, D., Kustantinah, I., K, R. F. H., & Larasati. (2012). Peningkatan Kemampuan Public Speaking Melalui Metode Pelatihan Anggota Forum Komunikasi Remaja Islam. E Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1–9

Prayoga, D. D., Kurniawan, A. W., Adnan, I. Z., & Nurhadi, Z. F. (2018). Komunikasi Militer Pada Remaja Dalam Mengambil Keputusan Menjadi Prajurit Tni-Ad Di Korem 062 Tarumanagara Garut. Jurnal Ilmiah LISKI (Lingkar Studi Komunikasi), 4(1),

https://doi.org/10.25124/liski.v4i1.1248

Sumrahadi, A. E., Respati, N. P., Kania, I., & Rahmadhanty, A. (2020). Gaya Kepemimpinan Transformasional, Stres Kerja, Kepuasan Kerja, dan Turnover Intention pada Karyawan Perusahaan Penyedia Jasa Konsultasi Pengembangan Sumberdaya Manusia. Jurnal Ilmu Sosial Politik Dan Humaniora, 2(1), 1–16.

Tambunsaribu, G., & Galingging, Y. (2021). Masalah yang dihadapi Pelajar Bahasa Inggris dalam Memahami Pelajaran Bahasa Inggris. Dialektika: Jurnal Bahasa, Sastra dan Budaya , 8(1), 30-41.

Warman, J. S., Mardian, V., Suryani, L., Fista, F. R., & Irwan, I. (2019). Program Pelatihan Penigkatan Kemampuan Bahasa Inggris Anak-Anak Panti Asuhan Melalui Pemberdayaan Mahasiswa. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 280-285.




DOI: https://doi.org/10.33365/comment.v3i1.309

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Journal of Community Empowerment (Comment)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Faculty of Economics and Business 
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : http://jurnal.teknokrat.ac.id/index.php/journalcomment
E : comment@teknokrat.ac.id