IMPLEMENTASI ARTIFICIAL INTELLEGENCE DAN APLIKASI DIGITAL MARKETING DALAM OPTIMALISASI POTENSI UMKM DESA HANURA, PESAWARAN

Larasati Ahluwalia, Shiwi Angelica, Berlintina Permatasari, Almira Devita Putri

Abstract


UMKM memiliki peran penting dalam pembangunan ekonomi dengan kontribusi pada pertumbuhan, penyerapan tenaga kerja, dan pendistribusian hasil pembangunan. Universitas Teknokrat Indonesia menyelenggarakan pelatihan penggunaan artificial intelligence (AI) dan aplikasi digital marketing untuk UMKM guna meningkatkan penjualan dan mengembangkan bisnis. Pelatihan ini membantu pelaku UMKM memahami dan menggunakan teknologi digital marketing secara efektif, meningkatkan penjualan, dan mengembangkan skala usaha. Pelatihan pertama berisi tentang cara menggunakan AI, ChatGPT, untuk pemasaran seperti pembuatan brand story yang akan dimasukkan ke media sosial UMKM tersebut. Pelatihan ini diharapkan dapat memudahkan pelaku UMKM untuk memaksimalkan penggunaan AI dan aplikasi digital, sehingga kesempatan scale-up bisnis meningkat.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33365/comment.v3i1.292

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Journal of Community Empowerment (Comment)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Faculty of Economics and Business 
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : http://jurnal.teknokrat.ac.id/index.php/journalcomment
E : comment@teknokrat.ac.id