PELATIHAN PEMANFAATAN METAVERSE DALAM PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI 1 BATANGHARI

Raras Kartika Sari, Imam Ahmad, Nicky Dwi Puspaningtyas, Debby Alita, Fikih Yuhada Sena, Yuli Santika, Ni Made Suka Rani

Abstract


Abstract

This activity was carried out with the aim of providing Metaverse training in learning at SMA Negeri 1 Batanghari. The purpose of implementing this training is to provide new insights and knowledge for students about the Metaverse. Metaverse training activities in learning are carried out with offline training for class XII school students. The training was carried out with the first stages, namely providing field surveys, pre-tests, providing training and post-tests. After being given presentation of material about Metaverse, an average of  99.4% of students gave a positive response to the implementation of the activity.Student agree that Metaverse can increase interest in learning, Metaverse can help in understanding thematerial, help to be more active in learninf, increase learning motivation and Metaverse is very easy to use in the learning process. This is because Metaverse is the new Technologi in learning process.

Keywords: training, metaverse, learning

Abstrak

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan pelatihan Metaverse dalam Pembelajaran di SMA Negeri 1 Batanghari. Tujuan dari pelaksanaan pelatihan adalah untuk memberikan wawasan dan pengetahuan baru bagi peserta didik tentang Metaverse. Kegiatan pelatihan Metaverse dalam pembelajaran dilaksanakan secara tatap muka kepada peserta didik kelas XII. Pelatihan dilaksanakan dengan tahapan awal yaitu melaksanakan survey lapangan, pemberian pre tes, pelaksanaan pelatihan, dan pemberian post test. Setelah pelaksanaan pelatihan Metaverse, rata-rata 99,4% peserta didik memberikan respon positif terhadap pelaksanaan pelatihan Metaverse. Peserta didik memberikan respon positif dan setuju bahwa Metaverse dapat membuat peserta didik tertarik pada pembelajaran, lebih dapat memahami materi, lebih aktif dalam pembelajaran, lebih termotivasi dalam pembelajaran, dan dapat membuat peserta didik lebih mudah dalam belajar, lebih mudah digunakan saat pembelajaran. Peserta didik sangat antusias saat mengikuti pelatihan, hal ini dikarenakan Metaverse merupakan tekhnologi baru yang mereka gunakan dalam pembelajaran.

 

Kata kunci: pelatihan, metaverse, belajar


Full Text:

PDF

References


Ameliola, S., & Nugraha, H. D. (2013). Perkembangan Media Informasi dan Teknologi terhadap Anak dalam Era Globalisasi. In Prosiding In International Conference On Indonesian Studies" Ethnicity And Globalization (pp. 362-371).

Andryanto, A., Mustika, N., Puteri, A. N., Rahmelina, L., Firdian, F., Siregar, M. N. H., ... & Gustiana, Z. (2022). Teknologi Metaverse dan NFT. Yayasan Kita Menulis.

Endarto, I. A., & Martadi, M. (2022). Analisis Potensi Implementasi Metaverse pada Media Edukasi Interaktif. BARIK, 4(1), 37-51.

Hapidz, F., Akbar, F. M., Maulidi, W. K., Siburian, R. M., & Puspitasari, H. (2022). Pemberdayaan Teknologi Metaverse bagi Kelangsungan Dunia Pendidikan. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 1738-1747.

Hidayati, N. (2016). Sistem E-Learning Untuk Meningkatkan Proses Belajar Mengajar: Studi Kasus pada SMA Negeri 10 Bandar Lampung. Telematika Mkom, 2(2), 153-170.

Indarta, Y., Ambiyar, A., Samala, A. D., & Watrianthos, R. (2022). Metaverse: Tantangan dan Peluang dalam Pendidikan. Jurnal Basicedu, 6(3), 3351-3363.

Jaelani, A., Fauzi, H., Aisah, H., & Zaqiyah, Q. Y. (2020). Penggunaan Media Online dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar PAI dimasa Pandemi Covid-19 (Studi Pustaka dan Observasi Online). Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) Unars, 8(1), 12-24.

Munti, N. Y. S., & Syaifuddin, D. A. (2020). Analisa dampak perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1975-1805.

Putri, N. I., Widhiantoro, D., Munawar, Z., & Komalasari, R. (2022). Pemanfaatan Metaverse di Bidang Pendidikan. Tematik: Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi (e-Journal), 9(1), 44-52.

Putri, P. A. (2022). Transformasi Sistem Pendidikan Madrasah dalam Wacana Metaverse pada Program Kemenag RI. Muẚṣarah: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 4(2), 67-78.

Rachmadtullah, R., Setiawan, B., Wasesa, A. J. A., & Wicaksono, J. W. (2022). Monograf Pembelajaran Interaktif dengan Metaverse. CV. Eureka Media Aksara.

Rosalind, R. S., Yogatama, A., & Budiana, D. (2022). Brand Personality pada Konten Iklan Meta Inc. versi “The Metaverse and How We’ll Build it Together”. Jurnal e-Komunikasi, 10(2).

Sulaiman, M. P. I. (2017). Pendidikan Madrasah Era Digital. Jurnal Al-Makrifat Vol, 2(1), 1-16.

Surahman, S. (2016). Determinisme Teknologi Komunikasi dan Globalisasi Media terhadap Seni Budaya Indonesia. Rekam: Jurnal Fotografi, Televisi, Animasi, 12(1), 31-42.

Susilawati, E., & Metavarse, E. (2022). Inovasi Automated Short Essay Scoring sebagai Model Penilaian Digital di Era Metaverse. Digitalisasi Era Metaverse, 3.

Setiawan, D. (2018). Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Budaya. Jurnal Simbolika: Research and Learning in Communication Study (E-Journal), 4(1), 62-72.

Wiharjokusumo, P., Saragih, N. R., Karo-Karo, S., & Siringoringo, P. (2022). Memahami Realitas Metaverse Berdasarkan Teologi Kontekstual. Jurnal Darma Agung, 30(3), 239-252.




DOI: https://doi.org/10.33365/comment.v3i1.236

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Journal of Community Empowerment (Comment)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Faculty of Economics and Business 
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : http://jurnal.teknokrat.ac.id/index.php/journalcomment
E : comment@teknokrat.ac.id