Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Mahasiswa

Sri Handayani Siregar

Abstract


Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan menawarkan jasa dan responnya sesuai dengan konteks penggunaanyamerupakan satu diantara materi sulit bagi mahasiswa. Data prestasi belajar materi tersebut dalam beberapa tahun terakhir menunjukkan prestasi mahasiswa sangat rendah, sehingga perlu dicarikan solusinya. Untuk itu dilaksanakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian mahasiswa Program Studi Fisioterapi yang berjumlah 38 orang. Objek penelitian adalah prestasi belajar bahasa Inggris. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahuidan menganalisis efektivitas model PBL untuk meningkatkan prestasi belajarbahasa Inggris. Data dikumpulkan menggunakan tes prestasi belajar dan dianalisissecara deskriptif kualitatif. Penelitian tindakan ini dikatakan berhasil bila mencapainilai rerata minimal 70 dan ketuntasan belaja klasikal minimal 85%. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa pada siklus I nilai rerata 69,41 dengan ketuntasan klasikal78.94%. Sedangkan pada siklus II, nilai rerata sebesar 72,88 dan ketuntasanklasikal mencapai 89,47%. Penerapan model pembelajaran PBL dapatmeningkatkan prestasi belajar mahasiswa Program Studi Fisioterapi dalam dua siklus.

Full Text:

PDF

References


Dianti Purwaningsih, N. M., & Widana, I. W. (2017). Pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar matematika dengan mengontrol bakat numerik siswa. Emasains, 6(2). pp. 153-159. ISSN 2302-2124.

Dwi, I. M., H. Arif, dan K. Sento. (2013). Pengaruh strategi problem based learning berbasis ICT terhadap permahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 9(8),hal. 8-17.

Ertmer, Pegg, A. (2014). The Grand Challenge: Helping Teachers Learn/Teach Cutting-Edge Science via a PBL Approach Interdisciplinary.Journal of Problem-Based Learning, 8(1), hal. 8-20.

Juliana, D. G., Widana, I. W., & Sumandya, I. W. (2017). Hubungan motivasiberprestasi, kebiasaan belajar dan minat belajar terhadap hasil belajarmatematika. Emasains, 6(1). pp. 40-60. ISSN 2302-2124.

Martimis, Yamin. (2012). Desain baru pembelajaran kontruktivistik. Jakarta:Ciputat Mega Mall.

Newman, Mark J. (2005). Problem based learning: an introduction and overview of the key features of the approach. Journal of Veterinary, 3(1), pp.12-20.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Ramli. (2011). Hasil belajar bahasa inggris dan keterampilan guru dalammengajar. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA 12(1), hh. 68-85.

Rusman. (2016). Model Pembelajaran menggembangkan profesional guru.Depok: PT. Raya Gratindo Persada.

Suprihatiningrum, Jamil. (2013). Strategi pembelajaran: Teori & aplikasi.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.




DOI: https://doi.org/10.33365/jeit-cs.v2i4.433

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Sri Handayani Siregar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Journal of Engineering and Information Technology for Community Service (JEIT-CS)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Faculty of Engineering and Computer ScienceĀ  - Universitas Teknokrat Indonesia
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : https://jurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JEIT-CS
E : jeitcs@teknokrat.ac.id.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


View My Stats