Pelatihan Pajak Untuk UMKM dan E-Pajak SMK 2 Mei Kabupaten Pringsewu

Marsi Fella Rizki, Fedi Ameraldo, Reza Adhi Nugroho, Dea Karima, Beni Yeremia, M. Tegar Anugerah, Fitri Wulandari

Abstract


Pajak merupakan kontribusi wajib kepada negara yang terutang oleh orang pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan undang-undang, dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluan negara bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. Di negara Indonesia perhitungan pajak menerapkan pendaftaran, perhitungan, dan pembayaran dan pelaporan pajak dilakukan langsung oleh wajib pajak. Salah satu pajak yang diterapkan di Indonesia adalah pajak khusus UMKM atau pajak UMKM yang dikenakan kepada para wajib pajak UMKM. Selain itu, pemerintah juga memberikan kemudahan untuk meningkatkan efektivitas pembayaran pajak dengan melakukan e-pajak, sehingga wajib pajak dapat memenuhi kewajiban pajak tanpa harus datang langsung ke kantor pajak. Pemahaman mengenai pajak, khususnya pajak UMKM perlu disampaikan pada seluruh kalangan masyarakat, termasuk pada masyarakat usia sekolah. Masyarakat yang memiliki pemahaman yang baik tetang pajak secara tidak langsung juga dapat berdampak pada penambahan nilai masyarakat.


Full Text:

PDF

References


Agustiningsih, Wulandari, dan Isroah. 2016. “Pengaruh Penerapan E-filling, Tingkat Pemahaman Perpajakan dan Kesadaran Wajib Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak di KPP Pratama Yogyakarta”. ISSN 2502-5430, 5 (2), 107-122.

Ayuningtiyas, G. W., Printina, B.I., & Subakti, Y. R. (2021). Implementasi Collaborative Learning dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Kolese De Britto. Historia Vitae, 1(2), 69–83.

Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2018

Putri, K. J., & Setiawan, P. E. (2017). Pengaruh Kesadaran, Pengetahuan Dan Pemahaman Perpajakan, Kualitas Pelayanan Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 18 (2), 1112-1140.




DOI: https://doi.org/10.33365/jeit-cs.v1i4.257

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Marsi Fella Rizki, Fedi Ameraldo, Reza Adhi Nugroho, Dea Karima, Beni Yeremia, M. Tegar Anugerah, Fitri Wulandari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Journal of Engineering and Information Technology for Community Service (JEIT-CS)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Faculty of Engineering and Computer Science  - Universitas Teknokrat Indonesia
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : https://jurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JEIT-CS
E : jeitcs@teknokrat.ac.id.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


View My Stats