MODEL LATIHAN SHOOTING BOLA BASKET DENGAN MODIFIKASI RING PADA ANAK USIA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Imam Mahfud, Rizki Yuliandra, Aditya Gumantan

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya tingkat penguasaan keterampilan shooting pada permainan bola basket. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk model latihan shooting dengan modifikasi ring pada permainan bola basket. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Kemiling kota Bandar Lampung. Tahapan-tahapan dalam penelitian ini adalah: analisis kebutuhan, evaluasi ahli (evaluasi produk awal), ujicoba kelompok kecil, dan ujicoba kelompok besar (field testing). Uji efektifitas produk pengembangan ini yaitu berdasarkan dari penilaian 3 orang ahli bola basket, yaitu 2 orang dosen bola basket dan 1 orang pelatih bola basket. Nilai yang didapatkan adalah 86 yang dinyatakan valid dan layak untuk digunakan. Berdasarkan hasil pengembangan dapat disimpulkan Dengan model latihan shooting pada permainan bola basket dengan modifikasi ring pada anak Sekolah Menengah Pertama, anak dapat berlatih dengan efektif dan efisien. Dengan model latihan shooting pada permainan bola basket dengan modifikasi ring pada anak Sekolah Menengah Pertama, dapat meningkatkan gairah dan mencegah kebosanan siswa dalam berlatih. Model latihan pada permainan bola basket dengan modifikasi ring pada anak Sekolah Menengah Pertama cocok digunakan karena ketinggian ring dapat disesuaikan dengan kemampuan masing-masing pesertanya.


Full Text:

PDF

References


Bahagia, Y. (2000). Prinsip-prinsip Pengembangan dan Modifikasi Cabang Olahraga. Depdiknas, Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara D-III Tahun 2000.

Gumantan, A., & Fahrizqi, E. B. (2020). Pengaruh Latihan Fartlek dan Cross Country Terhadap Vo2Max Atlet Futsal Universitas Teknokrat Indonesia. Jurnal Sport-Mu Pendidikan Olahraga UM Jember, 1(1), 1–9.

Gumantan, A., Mahfud, I., & Yuliandra, R. (2020). Pengembangan Aplikasi Pengukuran Tes Kebugaran Jasmani Berbasis Android. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 19(02), 196–205.

Gumantan, A., Mahfud, I., & Yuliandra, R. (2021). Analysis of the Implementation of Measuring Skills and Physical Futsal Sports Based Desktop Program. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 10(1), 11–15. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/peshr

Harsono. (2017). Kepelatihan Olahraga, Teori dan Metodologi (2nd ed.). PT. Remaja Rosdakarya.

James Tangkudung & Puspitorini, W. (2012). Kepelatihan Olahraga “Pembinaan Prestasi Olahraga. Cerdas Jaya.

Jon Oliver. (2007). Dasar-dasar Bola Basket. Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Judith E, R. (2010). Teaching Physical Education for Learning (6th ed.). McGraw-Hill Co,Inc.

Mahfud, I., & Fahrizqi, E. B. (2020). Pengembangan Model Latihan Keterampilan Motorik Melalui Olahraga Tradisional Untuk Siswa Sekolah Dasar. Sport Science and Education Journal Universitas, 1, 31–37.

Mahfud, I., Gumantan, A., & Nugroho, R. A. (2020). Pelatihan Pembinaan Kebugaran Jasmani Peserta Ekstrakurikuler Olahraga. Wahana Dedikasi : Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 3(1), 56–61. https://doi.org/10.31851/dedikasi.v3i1.5374

Mahfud, I., & Yuliandra, R. (2020). Pengembangan Model Gerak dasar Keterampilan Motorik Untuk Kelompok Usia 6-8 Tahun. Jurnal Sport-Mu, 1(1), 54–66.

PB Perbasi. (2009). Peraturan Bola Basket Resmi. PERBASI.

Putra, N. (2012). Research & Development. PT Raja Grafindo Persada.

Salim, A. (2007). Buku Pintar Bola Basket. Jembar.

Sukmadinata. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.

Widiastuti. (2014). Belajar Keterampilan Gerak. FIK Universitas Negeri Jakarta.

Yuliandra, R., & Fahrizqi, E. B. (2020). Development Of Endurance With The Ball Exercise Model In Basketball Games. Jp.Jok (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan), 4(9), 61–72.

Yuliandra, R., Nuhroho, R. A., & Gumantan, A. (2020). The Effect of Circuit Training Method on Leg Muscle Explosive Power. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 9(3), 157–161. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/peshr




DOI: https://doi.org/10.33365/jae.v2i1.69

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Imam Mahfud, Rizki Yuliandra, Aditya Gumantan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


The articles published in Journal of Arts and Education are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Creative Commons License

Publish by : Universitas Teknokrat Indonesia

Organizes : Faculty of Arts and Education.