PERAN DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI ATLET RENANG KLUB ALMAGARY PALEMBANG

natalia natalia irandah

Abstract


Tujuan melakukan penelitian ini untuk mengetahui Peran dukungan orang tua terhadap prestasi atlet renang klub Almagary palembang. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan penelitian  observasi,wawancara dan dokumentasi merupakan teknik pengambilan sampel dari sumber data  dari orang tua dan atlet. Sampel digunakan sebanyak 11 orang, merupakan atlet di Almagary palembang. Berdasarkan hasil dari penelitian ini Dari hasil wawancara diatas, dikemukakan bahwa anak memilih peranan mereka sendiri dalam mengikuti renang sebagai acuan mereka dalam meningkatkan prestasi, komunikasi yg dilakukan antar orang tua dan anak juga sangat baik, orang tua mendukung serta memberi arahan kepada anak dalam mengikuti prestasi renang dalam pembinaan Almagary palembang. dengan tujuan untuk meningkatkan prestasi dibidang  porprov, o2SN dan tingkat daerah. orang tua adalah pendukung bakat anak dalam menyalurkan bakatnya direnang, baik orang tua serta pelatih sangat memperhatikan anak mereka dengan memberikan dukungan berupa fasilitas lengkap, menjaga pola makan anak sehingga anakpun merasa efek positifnya melalui renang. 

Full Text:

PDF

References


Budiati, Y. M., & Muhadi, F. (2022). Pengaruh Dukungan Orang Tua Dan Lingkungan Sosial Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi (Lintas Minat) Di

Sma Negeri 1 Kalasan. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Akuntansi, 15(2), 27–

https://doi.org/10.24071/jpea.v15i2.4600

Fadhlina Harisnur, & Suriana. (2022). Pendekatan, Strategi, Metode dan teknik Dalam

Pembelajaran PAI Di Sekolah Dasar. Genderang Asa: Journal of Primary Education, 3(1), 20–31. https://doi.org/10.47766/ga.v3i1.440

Farizal .(2018). Survei Faktor-Fakto yang mempengaruhi motivasi mahasiswa dalam mengikuti mata kuliah pembelajaran renang . 53–66.

Hardika, N. (2015). Profil Tingkat Kemampuan Fisik Dan Keterampilan Pada Atlet Kempo PRAPON Kota Pontianak. Jurnal Pendidikan Olahraga, 4(1), 80–87.

Muthmainnah, M. (2015). Peran Orang Tua dalam Menumbuhkan Pribadi Anak yang Androgynius Melalui Kegiatan Bermain. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1), 103–112. https://doi.org/10.21831/jpa.v1i1.2920

Novita, D., Amirullah, & Ruslan. (2016). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Perkembangan Anak Usia Dini di Desa Air Pinang Kecamatan Simeulue Timur. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kawarganegaraan Unsyiah, 1(1), 22–30.

Setyo Wicaksono, D. (2017). Kontribusi Kecepatan Gerakan Tangan Dan Gerakan Kaki Terhadap Kecepatan Renang Gaya Bebas 25 Meter (Studi pada Siswa SMP Hang Tua 5 yang mengikuti Ekstrakurikuler Renang). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 5(3), 758–761.

Subagyo. (2018). Belajar Berenang Bagi Pemula.

Yuni, M. F., & Bartin, T. (2020). Hubungan Antara Dukungan Orang Tua dengan Motivasi

Belajar Anak dalam Pelaksanaan Pembelajaran Online di Jorong Pasar Baru Guguk

Kecamatan Gunung …. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4, 2898–2903.

https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/789%0Ahttps://jptam.org/index.php/ jptam/article/download/789/707

Yusra, Z., Zulkarnain, R., & Sofino, S. (2021). Pengelolaan Lkp Pada Masa Pendmik

Covid-19. Journal Of Lifelong Learning, 4(1), 15–22. https://doi.org/10.33369/joll.4.1.15-22




DOI: https://doi.org/10.33365/jae.v4i1.419

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 natalia natalia irandah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


The articles published in Journal of Arts and Education are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Creative Commons License

Publish by : Universitas Teknokrat Indonesia

Organizes : Faculty of Arts and Education.