Pelatihan Digital Mathematics untuk Meningkatkan Minat Siswa pada Teori Geometri dengan Konsep Fotografi
Putri Sukma Dewi, Ni Made Suka Rani, Ngestirosa Endang Woro Kasih, Afrianto Afrianto, Suprayogi Suprayogi, Silvia Marta Wijaya, M. Daffa, Fitzal Rifqi Wijaya
Abstract
SMA Negeri 1 Sukoharjo merupakan salah satu SMA terbaik di kabupaten Pringsewu dengan akreditasi A. Kemampuan akademis siswa sudah cukup baik, namun ada beberapa kendala di materi Geometri karena melibatkan titik, garis dan bidang. Kendala yang disampaikan beberapa siswa karena sulit menvisualisasi materi yang diberikan. Belajar geometri membantu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dengan cara melatih pikiran untuk memecahkan masalah berdasarkan konsep geometri. Pemberdayaan teknologi dalam bidang pendidikan sangat disarankan. Digital Mathematic menerapkan teknologi dalam pembelajaran matematika, salah satunya fotografi. Fotografi adalah bidang berdimensi dua yang menarik dan mengandung unsur geometri. Pelatihan Digital Mathematics untuk meningkatkan minat siswa pada teori geometri dengan konsep fotografi pada siswa SMA Negeri 1 Sukoharjo. Setelah mengikuti pelatihan tentang Digital Mathematics rata-rata 98% peserta didik memberika respon positif atas pelaksanaan kegiatan dan memiliki minat dalam geometri.
References
Abdussakir, Abdussakir. (2012). PEMBELAJARAN GEOMETRI SESUAI TEORI VAN HIELE. MADRASAH. 2. 10.18860/jt.v2i1.1832.
Ayunis, Ayunis & Belia, Stavini. (2021). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Perkembagan Literasi Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 5. 5363-5369. 10.31004/basicedu.v5i6.1508.
Marsellia Putri, Marsha. (2019). Tentang Fotografi. Universitas Dian Nuswantoro
Sudihartinih, dkk (2021). Penggunaan Teknologi Digital Pada Perkuliahan Matematika Dasar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal of Mathematics Education. Vol 7 No 1 2021
Yanuar, Y. (2019). 5 Kebijakan Mendikbud Nadiem untuk Kembangkan Pendidikan.