Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Melalui Program Public Speaking di SMA Fransiskus Bandar Lampung

Dina Amelia, Heri Kuswoyo, Ingatan Gulo, E Ngestirosa Endang Woro Kasih

Abstract


Pengabdian ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan public speaking siswa kelas SMA Fransiskus Bandar Lampung melalui program pelatihan speech dan newscasting. Metode yang diterapkan adalah observasi, pelatihan, dan evaluasi untuk memberikan kontribusi dalam pembelajaran public speaking. Hasil pengabdian dan pelatihan menunjukkan bahwa sebagian besar siswa sebelumnya tidak memiliki kesempatan untuk memperoleh pembelajaran public speaking yang memadai. Program ini tidak hanya memberikan pengetahuan public speaking tetapi juga merangsang minat siswa dalam mempelajari dan menggunakan bahasa Inggris. Artikel ini membahas bagaimana public speaking menjadi alat efektif untuk meningkatkan keterampilan bahasa Inggris. Public speaking bukan hanya sekadar keterampilan berbicara di depan umum, tetapi juga sarana efektif untuk mengasah kemampuan berbahasa Inggris. Melalui public speaking, siswa belajar menyusun pidato, membaca berita, dan presentasi secara efektif, serta terlibat dalam proses pemahaman yang lebih dalam terhadap struktur bahasa, kosakata, dan grammar yang tepat. Dalam era globalisasi, kemampuan berbicara dalam Bahasa Inggris menjadi suatu keharusan, dan program ini bertujuan untuk mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan tersebut.

Kata KunciNewscasting, public speaking, SMA Fransiskus, speech

Full Text:

PDF

References


Amelia, D., Afrianto, A., Samanik, S., Suprayogi, S., Pranoto, B.E., Gulo, I. (2022). Improving Public Speaking Ability Through Speech. Journal of Technology and Social for Community Service (JTSCS), 3(2), 322-330.

Bouton, K. (2017). English as a Global Commodity. A Senior Thesis Paper, Liberty University.

Grieve, R., Woodley, J., Hunt, S.E., and McKay, A. (2021) Student fears of oral presentations and public speaking in higher education: a qualitative survey. Journal of Further and Higher Education, 45(9), 1281-1293.

Gulo, I., Setiawan, D.B., Prameswari, S.C., dan Putri S.R. (2021). Meningkatkan kepercayaan diri anak-anak panti asuhan dalam berbicara bahasa Inggris. Adimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5 (1), 23-28.

Helmi. (2020). The Effectiveness of Using English Conversation Application To Improve The Students’ Speaking Skill At The Second Semester of Public Administration Department. Pahlawan : Jurnal Pendidikan-Sosial Budaya, 16(1), 152–160. https://doi.org/10.57216/pah.v16i1.291

Kasih, E.N.E.W., Suprayogi, S., Puspita, D., Oktavia, R.N., dan Ardian, D. (2022). Speak up confidently: Pelatihan English Public Speaking bagi siswa-siswi English Club SMAN 1 Kotagajah. Madaniya, 3 (2), 313-321.

Kuswoyo, H., Budiman, A., Pranoto, B.E., Rido, A., Dewi, C., Sodikin, dan Mulia, M.R. (2022). Optimalisasi Pemanfaatan Google Apps untuk Peningkatan Kinerja Perangkat Desa Margosari, Kecamatan Metro Kibang Lampung Timur. Journal Journal of Human and Education, 2(2), 1-7.

Leong, L.M., and Ahmadi, S.M. (2017). An Analysis of Factors Influencing Learners’ English Speaking Skill. International Journal of Research in English Education (IJREE), 2(1), 34-41)

Puspitasari, H. ., Maharani, R. F., Setyawan, W. H. ., & Primasari, Y. (2022). Android-Based Mobile Application for Vocabulary Learning. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 55(3), 469–479.

https://doi.org/10.23887/jpp.v55i3.40661

Purwananti, Y. S. (2016). Pendampingan Students’ English Club SMA Negeri 1 Kedungwaru Tulungagung. J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(2), 56–58.

Rido, A., Kuswoyo, H., Kasih, E.N.E.W., Lestiani, S., Sa'adah, R.A., Kaban, S.P.P., and Putra, E.A.D. (2023). Enhancing English Language Proficiency of SMKS Muhammadiyah 1 Kota Agung Students through TOEIC Coaching. INCOME: Indonesian Journal of Community Service and Engagement, 2(2), 149-159.

Sudarmaji, I. (2019). Developing Student’ Speaking Ability Through English Conversation Practice-Cudu Application. Proceedings of the 2nd International Conference on Educational Development and Quality Assurance, ICED-QA suSup2019, 11 September 2019.

Suprayogi, S., & Pranoto, B. E. (2020). Virtual tourism exhibition activity in English for tourism class: Students’ perspectives. Celtic: A Journal of Culture, English Language Teaching, Literature and Linguistics, 7(2), 199–207. https://doi.org/10.22219/celtic.v7i2.14064


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



TEKNOMAS : Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Teknokrat Indonesia
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Faculty of Arts and Education  - Universitas Teknokrat Indonesia
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : http://jurnal.teknokrat.ac.id/index.php/TEKNOMAS
E : teknomas@teknokrat.ac.id.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.