Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Video untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bentuk Aljabar di Kelas VII SMP Negeri 26 Bandar Lampung

Nicky Dwi Dwi Puspaningtyas, Irma Maisyaroh, Melda Aini Cahyani, Desi Natalia, Tri Herlina

Abstract


Tujuan dari pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan siswa dalam materi bentuk aljabar. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di SMP Negeri 26 Bandar Lampung dengan diikuti oleh siswa-siswi kelas VII sebanyak 30 orang. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah penerapan media pembelajaran berbasis video yang menampilkan video-video pembelajaran materi bentuk aljabar. Metode evaluasi hasil pelatihan diukur dengan menggunakan metode kuantitatif dengan instrumen tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test). Hasil uji data instrumen tes menunjukan bahwa rerata siswa sebelum dan setelah melaksanakan pelatihan meningkat dari 52 ke 73,3 dengan standar deviasi sebesar  20,2 dan 29,1. Dari data tersebut menunjukkan bahwa terdapat peningkatan rerata sebelum dan setelah pelaksanaan pelatihan. Dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan media pembelajaran berbasis video pada materi Bentuk Aljabar.

Full Text:

PDF

References


Dewi, P. S., & Septa, H. W. (2019). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa dengan pembelajaran berbasis masalah. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 31-39.

Maskar, S. dkk. (2021) ‘Catatan Daring Matematika: Pelatihan Pemanfaatan Google Site Sebagai Media Pembelajaran Daring’, Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), pp. 487–493. Available at: https://doi.org/10.31004/cdj.v2i2.1979.

Puspaningtyas. et al (2023). The relationship between mathematics learning outcomes and study habits during studying from home. AIP Conference Proceeding.

Puspaningtyas, N. D. (2019). Berpikir lateral siswa SD dalam pembelajaran matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 24-30.

Putri, L. A., & Dewi, P. S. (2020). Media pembelajaran menggunakan video atraktif pada materi garis singgung lingkaran. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 32-39.

Sari, R. K., Hamzah, I., Wijaya, S. M., & Ikbarfikri, A. M. (2023). Pelatihan Canva sebagai Media Pembelajaran di SMA N 5 Metro. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 4(2), 208-213.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



TEKNOMAS : Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Teknokrat Indonesia
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Faculty of Arts and Education  - Universitas Teknokrat Indonesia
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : http://jurnal.teknokrat.ac.id/index.php/TEKNOMAS
E : teknomas@teknokrat.ac.id.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.