PENDAMPINGAN PEMBUATAN MATERI AJAR MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA DI SMA NEGERI 2 KOTA AGUNG

Intan Hamzah, Nicky Dwi Puspaningtyas, Dina Amelia, Parjito Parjito, Ingatan Gulo, Waldi Romadhona

Abstract


Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan para guru dalam menyusun bahan ajar menggunakan aplikasi canva. Subjek atau mitra dalam kegiatan ini adalah seluruh guru SMA Negeri 2 Kota Agung yang berjumlah 10 orang. Metode yang digunakan tediri dari ceramah, praktik, demonstrasi dan diskusi. Data terkumpul berdasarkan lembar angket respon yang akan diberikan kepada para peserta setelah mengikuti kegiatan workshop ini. Data angket respon guru terhadap penggunaan aplikasi canva, yakni berkaitan dengan pengetahuan tentang canva dan penyampaian materi Canva dan kegiatan praktik. Data akan dianalisis melalui pendekatan deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan analisis data diperoleh pemahaman dan kompetensi peserta terhadap canva dengan persentase sebesar 75% sudah mengetahui Canva sebelumnya, cara penyampaian materi dengan persentase sebesar 100% dengan kriteria sangat baik. Pelaksanaan PKM juga mendapatkan tanggapan dan saran para peserta terhadap kegiatan workshop penyusunan bahan ajar menggunakan aplikasi canva, yang mana secara keseluruhan peserta memberikan respon positif dan baik. Serta para guru berharap kembali ada kegiatan workshop maupun pelatihan dengan tema berbeda dapat dilakukan di SMA Negeri 2 Kota Agung.

Full Text:

PDF PDF

References


Canva. (n.d.). Canva Untuk Pendidikan. https://www.canva.com/id_id/pendidikan/

Faisal, M., Hotimah, Nurhaedah, AP, N., & Khaerunnisa. (2020). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar dalam Mengembangkan Bahan Ajar Digital di Kabupaten Gowa. Jurnal Publikasi Pendidikan, 10(3), 266–270.

Hakim, D. L. (2016). Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Matematika Media Prezi. UNES Journal of Community Service, 2(2), 157–163.

Wiyoko, T., Sarwanto, & Rahardjo, D. T. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Modul Elektronik Animasi Interaktif Untuk Kelas XI SMA Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Vol.2 No.2 , 11-15.

Hikmah, V. N., & Purnamasari, I. (2017). Pengembangan Video Animasi “Bang Dasi” Berbasis Aplikasi Camtasia Pada Materi Bangun Datar Kelas V Sekolah Dasar. Pengembangan Video Animasi “Bang Dasi” Berbasis Aplikasi Camtasia Pada Materi Bangun Datar Kelas V Sekolah Dasar, 4(2), 182–191. https://doi.org/10.23819/mimbar-sd.v4i2.6352

Leryan, L. P. A., Damringtyas, C. P., Hutomo, M. P., & Printina, B. I. (2018). the Use of Canva Application As an Innovative Presentation Media Learning History. Prosiding Seminar Nasional FKIP 2018, 190–203.

Megahantara, Galang Sansaka. 2017. “ Pengaruh Teknologi Terhadap Pendidikan di Abad 21”, Jurnal Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta,.

Monoarfa, M., & Haling, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Canva dalam Meningkatkan Kompetensi Guru. Seminar Nasional Hasil Pengabdian 2021, 1085–1092.

Nurhayati, N., Vianty, M., Nisphi, M. L., & Sari, D. E. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Desain dan Produksi Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva for Education bagi Guru Bahasa di Kota Palembang. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 171–180. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i1.8340

Prastowo, A. (2014). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. Yogyakarta: Diva press.

Pudjianto, U., Adisusilo, A. K., Retnawati, L., & Saurina, N. (2020). Peningkatan Kompetensi Tenaga Pendidik Muslimat NU Surabaya dalam Penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikaksi (TIK). Jurnal ADIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 22–28.

Puspitasari, Anggraini Diah. 2019. “Penerapan Media Pembelajaran Fisika JURNAL ABDIMAS UPMI VOL 1 No 01, 2023 e-ISSN : 2775-2135 12 Menggunakan Modul Cetak Dan Modul Elektronik Pada Siswa SMA.” Jurnal Pendidikan Fisika 7(1):17–25.

Setiawan, B. A., & Jatmikowati, T. E. (2021). Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Handout Berbasis Aplikasi Canva bagi Guru di SMA Baitul Arqom. ABDI Indonesia, 1(1), 1–8. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/ABDI/article/view/5232

Tambunsaribu, G., & Galingging, Y. (2021). Masalah yang dihadapi Pelajar Bahasa Inggris dalam Memahami Pelajaran Bahasa Inggris. Dialektika: Jurnal Bahasa, Sastra dan Budaya , 8(1), 30-41.

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika Dan Informatika, 7(2), 79–85.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



TEKNOMAS : Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Teknokrat Indonesia
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Faculty of Arts and Education  - Universitas Teknokrat Indonesia
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : http://jurnal.teknokrat.ac.id/index.php/TEKNOMAS
E : teknomas@teknokrat.ac.id.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.