Pelatihan Pemrograman Web Bagi Siswa-Siswi SMKN 7 Bandar Lampung

Permata Permata, Rakhmat Dedi Gunawan, Suaidah Suaidah, Ade Surahman, Latifah Latifah

Abstract


Dalam mendukung perkembangan informasi yang pesat penyedia aplikasi atau perangkat lunak baik yang berbasis website, mobile, atau lainnya, membutuhan sumber daya manusia yang memiliki keterampilan membangun dan mengembangkan perangkat lunak yang dapat memberikan solusi yang sesuai dengan masalah yang ada di suatu perusahaan atau dunia industri. Sekolah Menengah Kejuruan merupakan salah satu tempat dalam melahirkan SDM di bidang teknologi informasi khususnya pembuatan website. Tidak hanya kuantitasnya tetapi juga dalam hal kualitasnya khususnya dalam pemahaman konsep dan penerapan dalam pembuatan suatu website. SMKN 7 Bandar Lampung memiliki jurusan Rekayasa Perangkat Lunak yang mempelajari tentang pemrograman web, melihat bahwa kebutuhan akan pengetahuan tentang pemrograman web dalam membantu pengembangan perangkat lunak perlu untuk disampaikan lebih awal khususnya pada jenjang Sekolah Menengah Kejuruan khususnya jurusan rekayasa perngakat lunak yang mengarah kepada menghasilkan SDM berprofesi sebagai pengembang aplikasi. Dengan ini, dilakasanakan Pengabdian Kepada Masyarakat ini untuk melakukan pelatihan pemrograman web bagi siswa-siswi jurusan rekayasa perangkat lunak pada SMK Negeri 7 Bandar Lampung bertujuan untuk meningkatkan keahlian dan kompetensi siswa dalam pengembangan perangkat lunak khususnya pembuatan website. Berdasarkan hasil kuisioner yang diberikan saat pelatihan, didapatkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman tentang pemrograman web yang signifikan sebesar 84 %.


Full Text:

PDF

References


Endra, R. Y., Aprilinda, Y., Dharmawan, Y. Y., & Ramadhan, W. (2021). Analisis Perbandingan Bahasa Pemrograman PHP Laravel dengan PHP Native pada Pengembangan Website. EXPERT: Jurnal Manajemen

Sistem Informasi Dan Teknologi, 11(1), 48. https://doi.org/10.36448/expert.v11i1.2012

Saniati, S., Kharisma, M. P., Assuja, M. A., & Pramita, G. (2022). Pelatihan Pemrograman Web Menggunakan

Framework Laravel di SMKN 1 Bandarlampung. Journal of Engineering and Information Technology for Community Servic 1(2), 87–94.

Surahman, A., Rosmala Sari, T. D., Andraini, L., & Ismail, I. (2023). Pelatihan Pengelolaan Website Desa. Journal of Engineering and Information Technology for Community Service, 1(3), 104–108.

https://doi.org/10.33365/jeit-cs.v1i3.187

Wandri, R., Febrian, R.A., Hanafiah, A., Gunawan, H, Fadhilah, M., R. & Pratama, H.I. (2022). Meningkatkan Pemahaman Dan Pelatihan Web Design Untuk Siswa SMK N 1 Kandis. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan

Penerapan Ilmu Pengetahuan, 3(2), 18–22.

https://doi.org/10.25299/jpmpip.2022.11056


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



TEKNOMAS : Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Teknokrat Indonesia
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Faculty of Arts and Education  - Universitas Teknokrat Indonesia
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : http://jurnal.teknokrat.ac.id/index.php/TEKNOMAS
E : teknomas@teknokrat.ac.id.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.