Menulis Puisi Berbahasa Inggris bagi Siswa Kelas VII SMP Pangudi Luhur Salatiga

Suzana Maria L.A. Fajarini, Anna Sriastuti, Wahyu Seno Aji

Abstract


Menulis puisi sebagai bentuk seseorang mengekspresikan perasannya dengan menggunakan kata-kata yang indah dan menggugah, dipercaya dapat meningkatkan kemampuan literasi. Selain mengungkapkan perasaan, menulis puisi juga untuk membagikan pikiran ketika seseorang menanggapi hal-hal terkait dengan masalah lingkungan, sosial, budaya, politik dan kemanusiaan. Setelah siswa mampu membaca dan menulis, sudah semestinya kemampuan tersebut tidak berhenti di situ, melainkan terus ditingkatkan melalui pengamatan, kebiasaan membaca dan menulis kreatif, salah satunya adalah menulis puisi. Kegiatan mendampingi siswa-siswa kelas VII menulis puisi berbahasa Inggris ini tidak hanya meningkatkan daya berpikir kritis mereka, tetapi juga menajamkan kemampuan berbahasa mereka. Kegiatan ini dilakukan untuk membuat siswa berminat belajar bahasa Inggris melalui kegiatan yang menyenangkan dan bermakna dengan hasil puisi berbahasa Inggris. Melalui penjelasan, pendampingan, dan konsultasi siswa secara aktif   menulis puisi dan membaca hasil karya mereka. Setelah melalui penyuntingan, puisi yang terpilih dibukukan.

Kata Kunci: Bahasa Inggris; Puisi; Menulis


Full Text:

PDF

References


Azis, S. (2016). Peningkatan kemampuan menulis puisi dengan menggunakan teknik akrostik pada peserta didik kelas viii b smp negeri 1 wonomulyo kec. wonomulyo kab. polewali mandar. Pepatudzu: Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan, 10(1), 68-84.Komaidi, Didik. 2011. Menulis Kreatif (Teori dan Praktek). Yogyakarta: Sabda Media.

Kirszner, Laurie G. & Stephen R Mandell. ( 2007). Portable literature: reading reacting writing.Wadsworth cengage learning.Boston

Pradopo, Rachinad Djoko. (2000). Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sadiman, Arief. S. (2007). Media Pendidikan. Jakarta : Raja Granfindo Persada.

Samosir, Tiorida. (2013). Apresiasi Puisi. Bandung: Yrama Widya.

Suyatno. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Surabaya: Buana Pustaka.

Tarigan , Henri Guntur. (2008). Menulis: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Waluyo, Herman J. (2002). Apresiasi Puisi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.




DOI: https://doi.org/10.33365/jeit-cs.v3i2.526

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Suzana Maria L.A. Fajarini, Anna Sriastuti, Wahyu Seno Aji

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Journal of Engineering and Information Technology for Community Service (JEIT-CS)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Faculty of Engineering and Computer Science  - Universitas Teknokrat Indonesia
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : https://jurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JEIT-CS
E : jeitcs@teknokrat.ac.id.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


View My Stats