Perancangan Desain Kemasan Produk UMKM Sikop Arrum Batik Bandar Lampung

M. Ghufroni An’ars, Nirwana Hendrastuty, Damayanti Damayanti, Ade Dwi Putra

Abstract


Desain kemasan yang menarik dapat memengaruhi keputusan pembelian konsumen, terutama ketika produk tersebut menawarkan nilai tambah yang khusus dan berbeda dari produk sejenis. Hal ini terlihat jelas pada produk batik, di mana desain kemasan dapat mempertegas nilai keunikan dan budaya lokal yang terkandung dalam karya batik tersebut. Dalam konteks ini, program pengabdian yang difokuskan pada perancangan desain kemasan untuk UMKM Sikop Arrum Batik Tulis di Bandar Lampung sangatlah relevan dan penting. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah menciptakan kemasan batik kelas premium yang lebih menonjolkan keunikan produk batik yang dijual, sehingga mampu menarik perhatian konsumen dan meningkatkan penjualan. Selain itu, hasil dari kegiatan ini juga menunjukkan adanya peningkatan pemahaman mitra terkait kesadaran merek dan memfokuskan pemasaran pada target pasar tertentu, sehingga memperkuat posisi merek Sikop Arrum Batik di pasar dan meningkatkan daya saing produk di masa depan

Full Text:

PDF

References


Apriyanti, M. E. (2018). Pentingnya Kemasan terhadap Penjualan Produk Perusahaan. Sosio e-kons, 10(1), 20-27.

Erlyana, Yana. (2018). Analisis Peranan Desain Kemasan Terhadap Brand Identity dari Sebuah Produk Makanan Lokal Indonesia dengan Studi Kasus: Produk Oleh-Oleh Khas Betawi ‘Mpo Romlah’. National Conference of Creative Industry, Sustainable Tourism Industry for Economic Development: Universitas Bunda Mulia.

Klimchuk, M. R., & Krasovec, S. A. (2013). Packaging design: Successful product branding from concept to shelf. John Wiley & Sons.

Vajjala, H., Mehta, V., & Oza, N. (2022). Analyzing the diffusion of artificial intelligence across industries: A social network analysis approach. Journal of Business Research, 144, 79-90. doi: 10.1016/j.jbusres.2021.09

Zen, Zayyinul Hayati et. al. (2017). Pelatihan Desain Kemasan Produk UMKM di Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar. Jurnal Pengabdian Untukmu Negeri. Vol.1, No.2.




DOI: https://doi.org/10.33365/jeit-cs.v2i1.268

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 M. Ghufroni An’ars, Nirwana Hendrastuty, Damayanti Damayanti, Ade Dwi Putra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Journal of Engineering and Information Technology for Community Service (JEIT-CS)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Faculty of Engineering and Computer Science  - Universitas Teknokrat Indonesia
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : https://jurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JEIT-CS
E : jeitcs@teknokrat.ac.id.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


View My Stats