Coaching Clinic Leadership dan Responsibility Siswa Ektrakurikuler Olahraga di SMA Negeri 1 Penengahan Lampung Selatan

Muhamad Fitratullah, Rachmi Marseilla Aguss, Reza Adhi Nugroho

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan jiwa Leadership dan tanggung jawab yang dimiliki Oleh Anggota Ekstrakurikuler Olahraga Sma Negeri 1 Penengahan Lampung Selatan. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian deskriptif kuantitatif dipilih dengan menggunakan angket sebagai instrumen utama. Terdapat dua angket yang digunakan, yaitu Angket Jiwa Leadership (AJK) yang terdiri dari 22 item pernyataan dan Angket Tanggung Jawab (ATJ) yang terdiri dan 14 item pernyataan. Sebanyak 78 Siswa olahraga (laki-laki = 49, perempuan = 29) yang ada berpartisipasi dalam studi ini. Hasil penelitian menemukan (1) sebanyak 56,41% jiwa Leadership Siswa olahraga berkategori sedang, 41,03% berada dalam kategori tinggi, dan hanya 2,56% masuk kategori rendah, (2) sebanyak 52,56% tanggung jawab Siswa olahraga berada dalam kategori rendah, disusul dengan 37,18% dalam kategori sedang, dan hanya 10,26% yang memiliki kategori tinggi, (3) tidak terdapat perbedaan antara Siswa olahraga laki-laki dengan perempuan dalam hal jiwa Leadership dan tanggung jawab. Simpulan penelitian ini adalah jiwa Leadership olahraga cenderung berkategori cukup tinggi sedangkan tanggung jawab berada dalam kategori rendah. Rekomendasi dari peneltian ini perlu adanya perhatian dari pihak sekolah untuk pendampingan atau pelatihan untuk meningkatkan rasa tanggung jawab yang dimiliki oleh siswa Olahraga.

Full Text:

PDF

References


Aisyah, N., Pambudi, Y., & Djuwita, R. (2020). Pengaruh Pelatihan Tanggung Jawab Sosial Pada Siswa Senior Resident Di Asrama X. Cices, 6(1), 11–21. https://doi.org/10.33050/cices.v6i1.873

Al-Fikri, M. A., & Marzuki, M. (2018). Pengaruh micro teaching dan kegiatan ekstrakurikuler terhadap pembentukan karakter tanggung jawab Siswa. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 15(1), 94– 103. https://doi.org/10.21831/socia.v15i1.22668

Andrianti, S. (2019). Pendekatan Model Pembelajaran Berbasis Portofolio dalam Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Siswa di Sekolah Tinggi Teologi. DUNAMIS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 3(2), 135. https://doi.org/10.30648/dun.v3i2.188

Anismadiyah, V., Sulaiman, S., Effendy, A. A., Purnomo, B., & Prasetyo, H. (2020). Membangun jiwa Leadership enterpreneur muda dalam menghadapi era globalisasi untuk karyawan pt. teknolabindo penta perkasa. Jurnal ABDIMAS Tri Dharma Manajemen, 1(1), 102. https://doi.org/10.32493/abmas.v1i1.p102-110.y2019

Aprianti, R. (2014). Pelaksanaan Kegiatan Latihan Dasar Leadership Sebagai Wahana Membentuk Jiwa Leadership Siswa (Studi Kasus di OSIS SMKN 1 Yogyakarta Periode 2012-2013). Jurnal Citizenship: Media Publikasi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(2), 127–140. https://doi.org/10.12928/citizenship.v3i2.10675

Arifin, Z. Z., Rahmayanti, R., Rufeidah, A., Rufeidah, A., Benazir, D. M., & Oktarini, R. (2020). Membentuk jiwa Leadership pada staf di yayasan PKBM Amari. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 2(2), 122. https://doi.org/10.32493/j.pdl.v2i2.3980

Azka, F. L., Siswanto, J., & Purnamasari, V. (2020). Peran Permainan Tradisional Megoak Goakan Buleleng dalam Pembelajaran untuk Melatih Jiwa Leadership Peserta Didik Kelas IV di Sd Negeri Karangsono 03 Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak. Jurnal Pendidikan Dasar & Menengah, I(3). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.35473/dwijaloka.v1i3

Dadi, S., & Setiono, P. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Siswa PGSD FKIP Universitas Bengkulu 1 Sri Dadi, 2 Panut Setiono. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 6(I), 136–148. https://doi.org/http://doi.org/10.22437/gentala.v6i1.11097

Esomar, M. J. ., & Sadubun, V. L. A. (2020). Membangun Jiwa Leadership yang Berintegritas dan Inovatif Melalui Pelatihan di Kalangan Orang Muda Katolik Ambon. Jurnal Abdidas, 1(3), 119–124. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/abdidas.v1i6.138

Faozi, F. (2018). Responsibility (tanggung jawab). In J. Tangkudung (Ed.), Sport Psychometrics: Dasar-dasar dan instrumen psikometrik. (p. 2018). Rajawali pers.

Farida, S. I., & Anjani, S. R. (2019). Menumbuhkan Jiwa Leadership Pada Siswa di Lingkungan Universitas Pamulang. Inovasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 6(2), 19. https://doi.org/10.32493/inovasi.v6i2.y2019.p19-20

Guntoro, T., & Putra, M.F.P. (2021). Pengembangan dan validasi kuesioner dampak event olahraga pada masyarakat (KDEOPM). Jurnal Sosioteknologi, 20(2), 176–187. https://doi.org/https://doi.org/10.5614/sostek.itbj.2021.20.2.4

Haiya, N. (2020). Analisis faktor-faktor yang memengaruhi sikap dan tanggung jawab Siswa Profesi Ners di Stase Komunitas. Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Ilmiah Keperawatan, 6(1), 9–14. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30659/nurscope.6.1.9-14




DOI: https://doi.org/10.33365/jeit-cs.v1i4.245

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muhamad Fitratullah, Rachmi Marseilla Aguss, Reza Adhi Nugroho

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Journal of Engineering and Information Technology for Community Service (JEIT-CS)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Faculty of Engineering and Computer Science  - Universitas Teknokrat Indonesia
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : https://jurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JEIT-CS
E : jeitcs@teknokrat.ac.id.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


View My Stats