Strategi Penerapan Copywriting Dalam Peningkatan Daya Jual Produk UMKM di Kelurahan Labuhan Dalam

Berlintina Permatasari, Almira Devita, Emi Suwarni

Abstract


Daya kreativitas masyarakat meningkat seiring dengan meningkatnya pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah atau UMKM. Namun demikian, diperlukan adanya peningkatan kualitas sumber daya manusia sebagai pengelola UMKM supaya usaha tersebut berkembang dan produknya dikenal oleh para konsumen. Melalui Universitas Teknokrat Indonesia, kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan dengan mengadakan pelatihan dan pendampingan pembuatan copywriting untuk membangun ciri khas produk dan mempromosikan produknya. Pada saat pertemuan, terbukti bahwa para pelaku UMKM belum pernah mengenal dunia copywriting. Hal tersebut menjadi peluang untuk menambah pengetahuan mereka mengenai skill yang dapat mendukung perkembangan usahanya. Di sisi lain, kreativitas mengolah bahasa yang masih perlu dibangun menjadikan peningkatan kemampuan membuat copywriting tidak terlihat secara signifikan. Hal tersebut dianggap wajar karena untuk memiliki ketrampilan berbahasa dibutuhkan latihan yang terus menerus. Dengan meningkatnya keahlian tersebut diharapkan mampu menjadikan produknya memiliki daya jual yang kemudian berdampak pada perkembangan ekonomi di wilayah tersebut

Full Text:

PDF

References


Arianto, B. 2019. Buzzer Media Sosial dan Branding Produk UMKM Daerah Istimewa Yogyakarta. 2(1), 27–46.

Baskoro, A. P. 2018. Gaya Eksekusi Iklan Digital Studio Workshop Depok Melalui Poster. Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 13–24. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jika%0Ahttp://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jika/article/view/2661

Budiman, H., Dialog, B. L., & Sayida, R. 2019. Sosialiasi Hak Cipta Dan Hak Merek Pada Kelompok Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) Sebagai Aset Bisnis Di Era Industri Kreatif. Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(02), 94–100. https://doi.org/10.25134/empowerment.v2i02.2109

Herayah, Y. 2014. Iklan Mobil di Media Cetak : Analisis Elemen Copywriting dan Visualisasi di Majalah SWA. Jurnal Visi Komunikasi, 13(02), 169–184.

Istighfarina, N., & Sudrajat, R. H. 2017. Analisis Isi Daya Tarik Pesan Iklan Berdasarkan Elemen

Print Ad pada Iklan Sabun Mandi di Majalah Femina. Jurnal Komunikasi, 9(1), 44–52. https://doi.org/10.24912/jk.v9i1.76

Jones, R. H., & Hafner, C. A. 2021. Understanding Digital Literacies. Understanding Digital Literacies. https://doi.org/10.4324/9781003177647

Kurniawati, D., & Waluyo, Y. S. 2019. Pelatihan Teknik Copy Writing dalam Bahasa Inggris Menggunakan Aplikasi CANVA untuk Pengusaha Micro yang Tergabung dalam WOOBIZ. Mitra Akademia, 2(2), 21–25.

Pratishara, G., & Masduki, A. 2017. Pelatihan Perancangan Iklan Layanan Masyarakat. Jurnal Pemberdayaan, 1(2), 489–496.

Satria, H. W., & Agustine, D. K. 2019. Tinjauan Alur Kerja Copywriter Divisi Konten Suitmedia Dalam Industri Kreatif Pemasaran Digital. Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 2(1), 35–43.

Setiawan, B., & Fadillah, A. 2020. Pendampingan Penerapan Strategi Promosi Berbasis Digital Bagi UMKM Di Wilayah Kota Bogor. Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan, 1(1), 29–36.

Wardiani, W., Iskandar, T. P., Anisyahrini, R., & Tresnawati, Y. S. 2020. Pengembangan Promosi Wisata Melalui Copywriting di Media Sosial oleh Karang Taruna Desa Warnasari Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung. Community Development Journal, 1(3), 233–239.




DOI: https://doi.org/10.33365/jeit-cs.v1i4.237

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Berlintina Permatasari, Almira Devita, Emi Suwarni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Journal of Engineering and Information Technology for Community Service (JEIT-CS)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Faculty of Engineering and Computer Science  - Universitas Teknokrat Indonesia
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : https://jurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JEIT-CS
E : jeitcs@teknokrat.ac.id.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


View My Stats