Optimalisasi Sistem Pembelajaran Daring Melalui Pembuatan Konten Multimedia pada SMK Kridawisata Bandar Lampung

Syaiful Ahdan, Adi Sucipto, Donaya Pasha, Aditya Gumantan, Maria Ainun Nazar, Altasya Putri Rahmardika, Leny Meilisa

Abstract


Munculnya e-learning mengubah pandangan terhadap pola dan teknik pembelajaran. Pelaksanaan proses pembelajaran dengan cara bertatap muka saat ini tidak lagi menjadi suatu keharusan untuk mendapatkan ilmu. Salah satu bentuk teknologi yang muncul di dunia pendidikan dalam bentuk e-learning. SMK Kridawisata adalah salah satu sekolah kejuruan di bandar lampung yang memiliki sarana dan prasarana yang cukup memadai dalam mendukung proses pembelajaran seperti kelas dan laboratorium, selain itu sekolah SMK Kridawisata telah memiliki sistem yang mampu menerapakan proses pembelajaran dalam jaringan yang dapat mengatasi masalah proses pembelajaran di masa pandemi covid-19 yang berstandar. Belum maksimalnya dalam pemanfaatan e-learning dalam hal ketersediaan konten pembelajaran berbasis multimedia menjadi permasalahan yang perlu diselesaikan agar pelaksanaan elearning dapat dilaksanakan secara maksimal.

Full Text:

PDF

References


A. Winarno, Pendidikan Kewirausahaan SMK dengan K-13 : Perspektif Guru dan Sekolah, Seminar Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi(SNEMA) Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang, 2015, ISBN 978-602-17129-5-5.

S.W.Handani., M.Suyanto., A.F.Sofyan., PENERAPAN KONSEP GAMIFIKASI PADA E-LEARNING UNTUK PEMBELAJARAN ANIMASI 3 DIMENSI, Jurnal Telematika Vol 9 No. 1, 2016, ISSN : 1979 – 925X e-ISSN : 2442 - 4528

D. Setiawan., S. Lestari., D.S. Putra., M.Azmi, Pemanfaatan Media Sosialuntuk MembangunSistem E-Learningdi SMKN1Gunung Talang, Jurnal Inovasi Vokasional danTeknologi, Volume18Number1,2018, SSN: 1411–3411(p)ISSN: 2549–9815

S.H. Bariah., D. Rahadian., D. Darmawan., SMART CONTENT LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN METODE BIG DATA ANALYSIS PADA MATA KULIAH MEDIA PEMBELAJARAN ILMU KOMPUTER, JTEP-Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, Volume 2, Nomor 1, 2017.

A.Arief., P. Cahyandaru., IMPLEMENTASI MEDIA E-LEARNING UNTUK PENDIDIKAN KARAKTER BAGI PESERTA DIDIK, JURNAL TAMAN CENDEKIA VOL. 02 NO., 2018.

V.H. Saputra., P Permata., Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Macromedia Flash Pada Materi Bangun Ruang, WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan Vol 2 No 2, 2018.

V.H. Saputra., M. Sugama., PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN SOFTWARE ADOBE FLASH CS4., Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 2017..

M. Allen., Guide To E-Learning. Canada : John Wiley & Sons., 2013




DOI: https://doi.org/10.33365/jeit-cs.v1i3.225

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Syaiful Ahdan, Adi Sucipto, Donaya Pasha, Aditya Gumantan, Maria Ainun Nazar, Altasya Putri Rahmardika, Leny Meilisa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Journal of Engineering and Information Technology for Community Service (JEIT-CS)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Faculty of Engineering and Computer Science  - Universitas Teknokrat Indonesia
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : https://jurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JEIT-CS
E : jeitcs@teknokrat.ac.id.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


View My Stats