Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Penyusunan Rencana Pembelajaran
Liana Sari
Abstract
Upaya memperbaiki dan meningkatkan mutu pendidikan seakan tidak pernah berhenti. Banyak agenda reformasi yang telah, sedang, dan akan dilaksanakan. Reformasi pendidikan adalah restrukturisasi pendidikan, yakni memperbaiki pola hubungan sekolah dengan lingkungannya dan dengan pemerintah, pola pengembangan perencanaan, serta pola pengembangan manajerialnya, pemberdayaan guru dan restrukturisasi model model pembelajaran. maka tujuan utama dari pengabdian tindakan sekolah ini adalah untuk membantu meningkatkan kompetensi paedagogik guru-guru di SD Negeri 1 Gunung Terang, yang tidak memiliki latar belakang pendidikan keguruan, dalam menyusun rencana pembelajaran yang sesuai dengan standar kompetensi masing-masing pelajaran agar dapat menjadi acuan dalam proses pembelajaran sehingga peserta didik mampu mencapai kriteria ketuntasan minimal. Dari Proses Penelitian Tindakan sekolah yang di lakukan di SD Negeri 1 yang berjudul Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru non Akademik dalan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran melalui Supervisi Akademik Kepala sekolah dapat disimpulkan bahwa Pada komponen perencanaan kegiatan pembelajaran terjadi peningkatan kompetensi guru dari 59% pada siklus 1 menjadi 78% pada siklus 2. Pada penilaian kinerja guru dalam perencanaan pembelajaran terjadi peningkatan indicator, dari 2 indikator yang terlihat pada siklus 1 menjadi 3 indikator yang terlihat pada siklus 3. Teknik supervisi kelompok yang dilakukan peneliti ternyata mampu meningkatkan kemampuan guru untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru non akademik dalan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) melalui Supervisi Akademik Kepala sekolah
Rusmiyati, A. A., Rasyid, A., Aini, K., Budiyono, F., Nurrahman, J., Fepriyanto, A., & Mas’odi, I. K. (2021). Metodologi Penelitian: Panduan Praktis Penelitian Masa Kini. Global Aksara Pers.
Sagala, S. (2017). Konsep dan makna pembelajaran: Untuk membantu memecahkan problematika belajar dan mengajar.
Sari, M. Z., Fitriyani, Y., & Gunawan, I. (2022). Strategi belajar mengajar. Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia.
Sudjiono, A. (2006). Penelitian Tindakan Kelas Jakarta: Bumi Aksara.