Pelatihan Pembuatan Game Edukasi Di SMA Negeri 1 Sumberejo
Parjito Parjito, Donaya Pasha, Dyah Ayu Megawaty, Isidorus Richardius Kuncoro, I Putu Hari Saftana, Fikih Yuhada Sena, Samuel Hutagalung
Abstract
SMA Negeri 1 Sumberejo adalah sebuah lembaga pendidikan yang terdapat di Jl. Raya Gunung Batu KM. 82,7 Sumberejo, Simpang Kanan, Kecamatan Sumberejo, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung, 35374, Indonesia. SMA Negeri 1 Sumberejo memiliki tiga jurusan yaitu Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), dan Bahasa. Adapun pemanfaatan teknologi khususnya untuk menambah pengetahuan dan kemampuan di SMA Negeri 1 Sumberejo masih kurang maksimal. Hal ini ditunjukkan oleh minimnya pelatihan yang dilakukan di sekolah tersebut yang menerapkan teknologi guna meningkatkan pengetahuan, wawasan, dan keterampilan siswa/siswi SMA Negeri 1 Sumberejo. Dari masalah tersebut, diberikan pelatihan pembuatan game edukasi yang mana siswa/siswi akan membuat game edukasi secara mandiri dengan bantuan modul yang mana dapat digunakan sebagai media pembelajaran alternatif. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah Metode Latihan/Praktik. Construct 2 adalah tool yang digunakan selama pelatihan pembuatan game. Didukung dengan tersedianya fasilitas laptop dari lembaga. Dengan diberikannya pelatihan pembuatan game edukasi ini diharapkan menjadi langkah awal untuk memaksimalkan pemanfaatan teknologi informasi serta meningkatkan pengetahuan, wawasan, dan kemampuan siswa/siswi SMA Negeri 1 Sumberejo
Amir, A., & Suryana, D. (2018). Active learning teaching and learning model of Entrepreneurship subject at English Education program of Indonesia University of Education. Lembaran Ilmu Kependidikan, 47(1), 1-8.
Andari, R. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Kahoot! Pada Pembelajaran Fisika. 6(1).
Ayu, M., & Sari, F. M. (2022). Pelatihan Siswa/I Untuk Meningkatkan Kemampuan Tata Bahasa Inggris Dasar Melalui Website Grammar. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 3(1), 132.
Haniah, H. (2014). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Mengatasi Masalah Belajar Bahasa Arab. Al-Ta’rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 2(1), 1–19.
Nurdyansyah. (2017). Sumber Daya dalam Teknologi Pendidikan.
Sjukur, S. B. (2012). Pengaruh Blended Learning terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa/i Tingkat SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2), 368-378
Copyright (c) 2023 : Parjito Parjito, Donaya Pasha, Dyah Ayu Megawaty, Isidorus Richardius Kuncoro, I Putu Hari Saftana, Fikih Yuhada Sena, Samuel Hutagalung