Pelatihan Bahasa Inggris Melalui Pembelajaran Interaktif Di SMK Nurul Huda Pringsewu

Dyah Aminatun, Debby Alita, Yuri Rahmanto, Ade Dwi Putra

Abstract


Pembelajaran interaktif adalah salah satu metode pembelajaran yang digunakan guru dalam menyajikan pembelajaran. Dalam pembelajaran Bahasa Inggris, guru sebagai fasilitator menciptakan situasi yang interaktif dan edukatif yang melibatkan siswa dalam proses belajar guna menunjang tercapainya tujuan pembelajaran. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang dilakukan di SMK Nurul Huda Pringsewu bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada para siswa di sekolah tersebut untuk dapat belajar Bahasa Inggris secara aktif dan terlibat secara langsung dalam setiap aktifitas pembelajaran. Selain itu meningkatkan kesadaran siswa akan pentingnya penguasaan Bahasa Inggris. Kegiatan ini diikuti oleh 35 siswa SMK Nurul Huda Pringsewu yang terdiri dari jurusan Farmasi dan Keperawatan. Terdapat empat sesi dalam kegiatan pengabdian ini, yaitu: 1) penyampaian materi tentang  motivasi pentingnya belajar Bahasa Inggris, 2) tips and trik dalam belajar Bahasa Inggris, 3) pembelajaran interaktif melalui penerapan role play dalam pembelajaran Bahasa Inggris, dan 4) sesi tanya jawab dan feedback.  Hasil kegiatan ini menunjukan bahwa para siswa yang pada awalnya memiliki motivasi yang rendah dan persepsi kurang baik terhadap pelajaran Bahasa Inggris merasa antusias selama proses pelatihan dan menjadi termotivasi untuk belajar Bahasa Inggris. Hal ini ditunjukan dengan respon positif siswa selama mengikuti kegiatan dan hasil interview terkait persepsi siswa terhadap kegiatan.

Full Text:

PDF

References


Aminatun, D., Mandasari, B., Ayu, M., Hamzah, I., & Dewi, G. (2022). Pendampingan pembelajaran bahasa inggris melalui active learning bagi siswa-siswi. Al-Mu'awanah: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), 163-170.

Amir, A., & Suryana, D. (2018). Active learning teaching and learning model of Entrepreneurship subject at English Education program of Indonesia University of Education. Lembaran Ilmu Kependidikan, 47(1), 1-8.

Ayu, M., Sari, F. M., & Muhaqiqin, M. (2021). Pelatihan Guru dalam Penggunaan Website Grammar Sebagai Media Pembelajaran selama Pandemi. Al-Mu'awanah: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1), 49-55.

Baedowi, A. (2012). Calak Edu 2: Esai-Esai Pendidikan 2008-2012 (Vol. 1). Pustaka Alfabet.

Cosner, S. (2020). A Deeper Look into Next Generation Active Learning Designs for EducationalLeader Preparation. Journal of Research on Leadership Education, 15(3), 167–172. https://doi.org/10.1177/1942775120936301

Effendi, M. (2016). Integrasi pembelajaran active learning dan internet-based learning dalam meningkatkan keaktifan dan kreativitas belajar. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 283-309.




DOI: https://doi.org/10.33365/jeit-cs.v1i2.141

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 : Dyah Aminatun, Debby Alita, Yuri Rahmanto, Ade Dwi Putra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Journal of Engineering and Information Technology for Community Service (JEIT-CS)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Faculty of Engineering and Computer Science  - Universitas Teknokrat Indonesia
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : https://jurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JEIT-CS
E : jeitcs@teknokrat.ac.id.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


View My Stats