Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Rumah Pada PT Graha Sentramulya

Donaya Pasha, Meylanda Susanti

Abstract


PT Graha Sentramulya merupakan perusahaan yang bergerak di bidang Property yaitu sebagai bidang pengembang perumahan (Developer). Dalam proses penjualannya dapat dilakukan secara tunai dan juga kredit, namun PT Graha Sentramulya masih menggunkan kertas dan penghitungan masih menggunakan kalkulator meskipun hasilnya sudah cukup baik namun pengerjaannya masih banyak kekurangan yaitu proses pencatatan, pencarian, dan penyimpanan data yang dilakukan masih kurang maksimal, hal ini disebabkan adanya penumpukan kertas dan perhitungan penjualan rumah secara tunai maupun kredit, serta pembayaran uang muka pembelian yang masih menggunakan metode manual meningkatkan resiko terjadinya salah hitung sehingga bisa memperlambat pelaporan penjualan rumah serta kertas yang menumpuk juga bisa mengakibatkan terlambatnya proses pelaporan penjualan perumahan karena membutuhkan waktu yang cukup lama dalam pencarian proses data tersebut. Dengan adanya pengembangan sistem yang dilakukan, diharapkan dapat membantu PT Graha Sentramulya khsusnya pada bagian administrasi dalam pengolahan data penjualan rumah. Dengan dibuatnya sistem informasi pelaporan penjualan rumah pada PT Graha Sentramulya ini diharapkan dapat mendukung kinerja para karyawan khususnya di bidang pengolahan data penjualan rumah dan  membuat laporan penjualan  rumah sehingga dapat  memepercepat waktu pengolahan data penjualan rumah serta laporan yang dihasilkan lebih akurat karena sudah menggunakan database  dan pengolahan sistem rumus program penjualan rumah yang terstruktur

Full Text:

PDF

References


Alfiah, A., & Damayanti, D. (2020). Aplikasi E-Marketplace Penjualan Hasil Panen Ikan Lele (Studi Kasus: Kabupaten Pringsewu Kecamatan Pagelaran). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(1), 111–117.

Maulida, S., Hamidy, F., & Wahyudi, A. D. (2020). Monitoring Aplikasi Menggunakan Dashboard Untuk Sistem Informasi Akuntansi Pembelian Dan Penjualan. Jurnal TEKNO KOMPAK, 14(1), 47–53.

Megawaty, D. A., Setiawansyah, S., Alita, D., & Dewi, P. S. (2021). Teknologi dalam pengelolaan administrasi keuangan komite sekolah untuk meningkatkan transparansi keuangan. Riau Journal of Empowerment, 4(2), 95–104.

Rahmanto, Y., Hotijah, S., & Damayanti. (2020). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS KEBUDAYAAN LAMPUNG BERBASIS MOBILE. JDMSI, 1(3), 19–25.

Setiawansyah, S., Adrian, Q. J., & Devija, R. N. (2021). Penerapan Sistem Informasi Administrasi Perpustakaan Menggunakan Model Desain User Experience. Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 11(1), 24–36.

Sulistiani, H., Triana, R., & Neneng, N. (2018). Sistem Informasi Akuntansi Pengelolaan Piutang Usaha untuk Menyajikan Pernyataan Piutang (Open Item Statement) Pada PT Chandra Putra Globalindo. Jurnal Tekno Kompak, 12(2), 34. https://doi.org/10.33365/jtk.v12i2.97




DOI: https://doi.org/10.33365/jeit-cs.v1i1.128

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 : Donaya Pasha, Meylanda Susanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Journal of Engineering and Information Technology for Community Service (JEIT-CS)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Faculty of Engineering and Computer Science  - Universitas Teknokrat Indonesia
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : https://jurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JEIT-CS
E : jeitcs@teknokrat.ac.id.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


View My Stats