APLIKASI CITRA PENCATAT PLAT NOMOR KENDARAAN PADA PINTU PARKIR MENGGUNAKAN METODE TEMPLATE MATCHING

Joshua Keny Andriano

Abstract


Plat nomor atau Tanda Nomor Kendaraan Bermotor yang disingkat TNKB merupakan sebuah tanda atau identitas dari sebuah kendaraan. Identitas ini memuat identitas dari kendaraan tersebut maupun identitas dari pemilik kendaraan. Seringkali nomor seri dari plat nomor ini digunakan sebagai tanda registrasi sebuah kendaran dalam menggunakan lahan parkir. Nomor seri dari plat nomor kendaraanakan dicatat sewaktu memasuki dan meninggalkan lahan parkir. Angka pertumbuhan kendaraan saat ini cukup pesat, sehingga kebutuhan akan lahan parker juga meningkat. Kebutuhan lahan parkir yang meningkat menimbulakan beberapa masalah terutama dalam kenyamanan antrian transaksi di pintu parkir. Untuk meningkatkan kenyamanan ini diperlukan sebuah aplikasi citra pencatat plat nomor otomatis. Sistem ini menggunakan metode template matching yang bekerja dengan cara menemukan bagian-bagian kecil dari gambar yang cocok dengan template gambar. Metode template matching merupakan salah satu metode yang digunakan untuk menjelaskan bagaimana otak kita mengenali kembali bentuk-bentuk atau pola-pola. Pengujian yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan metode pengujian accuracy. Hasil dari tingkat akurasi rata-rata yang diperoleh dalam penelitian ini sebesar 93% dari 200 data citra yang diuji.

Full Text:

PDF

References


Anastasya, T. U., Mufti, A. & Rahman, A., 2017. Rancang Bangun Sistem Parkir Otomatis dan Informatif Berbasis Mikrokontroler ATmega2560. Jurnal Online Teknik Elektro, Vol. 2, No. 1, hal. 29-34.

BPS, 2016. Jumlah Kendaraan Bermotor. [Online] Available at: https://www.bps.go.id/linkTableDinamis/view/id 1133 [Diakses 21 May 2018].

Brunelli, R., 2009. Template Matching Techniques in Computer Vision. s.l.:Wiley.

Budianto, A., Adji, T. B. & Hartanto, R., 2015. Deteksi Nomor Kendaraan dengan Metode Connected Component dan SVM. Jurnal TIM Darmajaya, Vol. 1, No. 1, hal. 106-117.

Chrisdwianto, T. O., Fitriyah, H. & Widasari, E. R., 2018. Perancangan Sistem Deteksi dan Pengenalan Rambu Peringatan Menggunakan Metode Template matching. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Vol. 2, No. 3, hal 1265-1274.

Fais, M. N., Susanto, A. & Listyorini, T., 2014. Pengembangan Sistem Parkir di Universitas Muria Kudus Dengan Menggunakan Enkripsi Data dan Teknologi Barcode. Jurnal Simetris, Vol. 5, No. 2, hal. 173-180.

Firdausy, K., Hawariyanta, I. & M., 2006. Implementasi Watermarking untuk Penyembunyian Data pada Citra dalam Domain Frekuansi menggunakan Discrete Cosine Transform. Telkomnika, Vol. 4, No.1, hal. 19-26.

Gonzales, R. C. & Woods, R. E., 1992. Digital Image Processing. 2nd penyunt. New Jersey: Prentice-Hall,Inc..

Leksono, B., Hidayatno, A. & Isnanto, R. R., 2011. Aplikasi Metode Template Matching untuk Klasifikasi Sidik jari. Vol. 1, No. 1, hal. 1-6.

Liesdiani, M. & Rosyid, A., 2017. Pengenalan Plat Nomor Kendaraan menggunakan Metode Run Length Smearing dan K-Earestneighbour. Jurnal Program Studi Pendidikan Metematika, Vol. 3, No. 2, hal. 58-68.

Borman, R.I. (2016). Penerapan String Matching Dengan Algoritma Boyer Moore Pada Aplikasi Font Italic Untuk Deteksi Kata Asing. Jurnal Teknoinfo, 10(2), p.39.

Neneng, N., Putri, N.U. and Susanto, E.R. (2021). Klasifikasi Jenis Kayu Menggunakan Support Vector Machine Berdasarkan Ciri Tekstur Local Binary Pattern. CYBERNETICS, 4(02).




DOI: https://doi.org/10.33365/jecsit.v1i1.9

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JECSIT Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Faculty of Engineering and Computer Science
Web: http://jurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JECSIT/index
Email : jecsit@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung
Telepon : 0721 70 20 22