SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT PADA IKAN NEMO DENGAN METODE FORWARD CHAINING DI BALAI BESAR PERIKANAN BUDIDAYA LAUT LAMPUNG

Eko Prasetyo Prasetyo

Abstract


Ikan nemo (Amphiprioninae) merupakan salah satu jenis produk ikan hias air laut yang paling banyak diminati terutama di pasar luar negeri karena bentuknya yang eksotis dan unik Para eksportir ikan hias biasanya membeli ikan nemo dari para nelayan sehingga penyediaannya masih bergantung pada penangkapan alam. Ikan nemo telah berhasil dibudidayakan sejak tahun 2007 oleh Balai Besar Perikanan Budidaya Laut (BBPBL) Lampung. Salah satu masalah utama yang dihadapi Balai Besar Perikanan Budidaya Laut (BBPBL) Lampung adalah penyakit yang menyerang ikan budidaya ini, karena dapat menyebabkan panen yang tidak maksimal dan kematian masal pada ikan. Kurang nya informasi cara penanggulangan penyakit dan sedikit nya pakar ikan nemo menyebabkan pembudidaya mengalami banyak kerugian, oleh karena itu sangat di butuh kan sistem pakar untuk mendiagnosis penyakit pada ikan nemo.Oleh karena itu penulis tertarik membuat aplikasi sistem pakar dengan menggunakan metode Forward Chaining dan certainty factor sebagai metode yang digunakan untuk menghitung  nilai kepastian.

                Pengujian dalam penelitian ini yaitu dengan uji akurasi, uji akurasi dilakukan sebagai pengujian akurat sistem yang dibangun. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah akurat antara pakar dan sistem pakar, ketepatan uji akurasi. Berdasarkan pengujian akurasi yang dilakukan dengan ketepatan sistem dan seorang pakar, sistem mendapatkan klasifikasi 93.33%  layak untuk digunakan. Pengujian juga menggunakan model pengujian ISO 25010 dengan menggunakan aspek functional, aspek efficiency, dan aspek operability. Dari 25 orang responden yang mengisi kuesioner untuk pengujian aplikasi, semua responden memberikan jawaban kuesioner dengan valid, dengan hasil pengujian aspek funcionality 86,4%, aspek efficiency 82,9%, dan aspek operability 87,6%.

Full Text:

PDF

References


Andry. (2011). Android A sampai Z. Jakarta: PCplus.

Arhami. (2005). Konsep Dasar Sistem Pakar. Yogyakarta: ANDI.

Bambang, H. (2011). Esesnsi- esensi Bahasa Pemrograman Java. Bandung: Informatika.

Bennett, S., McRobb, S., & Farmer, R. (2006). Object-Oriented System Analysis and Design Using (3 ed.). New York: McGraw Hill.

Buana. (2014). Jago Pemograman. Jakarta: Dunia Komputer.

Budiharto, S. W. (2015). Artificial Intelligence Konsep dan Penerapannya. Yogyakarta: Andi Offset.

David, B. (2007). Pemuliaan Clownfish. Tersedia pada http://en.wikipedia.org/wiki/PembibitanClownfish. Diakses 20 juni 2019, pukul 13.07.

Desiani, A., & Arhami, M. (2006). Konsep Kecerdasan Buatan. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Durkin, J. (1994). Expert Systems Design and Development. New Jersey: Prentice Hall International Inc.

Frenzel, E. T. (1992). Expert Sistems and Applied Artificial Intelligence. Macmillan Pub. Co.

Giarratano, J. C. (2005). Expert Systems Principles and Programming Fourth Edition (4 ed.). Boston, Massachusetts: Thomson Course Technology.

Kasiman. (2006). Aplikasi WEB dengan PHP dan MySQL. Yogyakarta: ANDI.

Kusrini. (2006). Sistem Pakar Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: ANDI.

Lee, W.-M. (2011). Begining Android Application Developmen. Indianapolis: Wiley Publishing,Inc.

Lourie, S. (1999). Seahorse : An Identification Guide to The World's Species and Their Conservation. London.

Marimin. (1992). Struktur dan Aplikasi Sistem Pakar Manajemen Pembangunan (1(1):21-27 ed.).

Mcleod, R. J. (1995). Sistem Informasi Manajemen. (Bahasa Indonesia ed.). Jakarta: PT. Prenhallindo.

Nugroho. (2013). Dasar Pemograman Web PHP – MySQL dengan Dreamweaver. Yogyakarta: Gava Media.

Pressman. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi (1 ed.). Yogyakarta: ANDI.

Pressman, R. S. (2015). Software engineering. New York: McGrawHill Education.

Priyanto, & Jauhari. (2014). Pemrograman Web. Bandung: Informatika Bandung.

Ramadhani, F. (2018). Implementasi Metode Forward Chaining Dan Certainty Factor Pada Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Tomat Berbasis Android. Bandar Lampung.

Rika, R. (2012). Sistem Pakar Konsep dan Teori. Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET.

Rosa, & Shalahuddin. (2014). Rekayasa Perangkat Lunak Struktur. Bandung: Informatika.

Rosa, & Shalahuddin, M. (2011). Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek). Bandung: Modula.

Sarwono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Suci, A. (2007). Pematangan Gonad murah Pemijahan Induk Kerapu Bebek (Cromileptes altivelis) (Rangka Produksi Induk Unggul ed.). Lampung, Indonesia : BBPBL-Lampung.

Suharti, S. (1990). Mengenal Kehidupan Kelompok Ikan Anemon (Pomacentridae). Dalam Balai Penelitian dan Pengembangan Biologi Laut, Pusat Penelitian dan Pengembangan Oseanografi (hal. 135-145). Jakarta: LIPI.

Sumijan, W. L. (2018). Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Menular Dengan Metode Forward Chaining Dan Certainty Factor. Jurnal Sains Dan Informatika .

Sunardi, D. T. (2017). Penerapan Metode Forward Chaining Dan Certainty Factor Pada Sistem Pakar Diagnosa Hama Anggrek Coelogyne Pandurata. Kumpulan Jurnal Ilmu Komputer (Klik) .

Sutojo, T. (2011). Kecerdasan Buatan. Yogyakarta: ANDI.

Sutoyo, A. T. (2018). Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Hama dan Penyakit Tanaman Kakao Menggunakan Metode Forward Chaining dan Certainty Factor. Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi dan Industri (SNTIKI-10) .

Tama, W. R. (2014). Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pada Ikan Air Tawar. Naskah Publikasi , 1, 1-15.

Wilkerson. (2001). Clownfishes: A Guide to Their Captive Care, Breeding and Natural History. Neptune city, New Jersey, USA: Microsom Ltd.

Wilson, B. (1998). The AI Dictionary. Tersedia pada http://www.cse.unsw.edu.au/~billw/aidict.html. Diakses 20 April 2019, pukul 17.54 WIB.

Borman, R.I., Napianto, R., Nurlandari, P. and Abidin, Z. (2020). IMPLEMENTASI CERTAINTY FACTOR DALAM MENGATASI KETIDAKPASTIAN PADA SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT KUDA LAUT. JURTEKSI (Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi), 7(1), pp.1–8.

Kurniati, N., Yanitasari, Y., Lantana, D.A., Karima, I.S. and Susanto, E.R. (2017). SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT KULIT PADA KUCING MENGGUNAKAN CERTAINTY FACTOR. ILKOM Jurnal Ilmiah, 9(1), pp.34–41.

Puspaningrum, A.S., Susanto, E.R. and Sucipto, A. (2020). Penerapan Metode Forward Chaining untuk Mendiagnosa Penyakit Tanaman Sawi. INFORMAL: Informatics Journal, 5(3), p.113.

Melinda, M., Borman, R.I. and Susanto, E.R. (2018). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PUBLIK BERBASIS WEB (STUDI KASUS : DESA DURIAN KECAMATAN PADANG CERMIN KABUPATEN PESAWARAN). Jurnal Tekno Kompak, 11(1), p.1.




DOI: https://doi.org/10.33365/jecsit.v1i1.7

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JECSIT Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Faculty of Engineering and Computer Science
Web: http://jurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JECSIT/index
Email : jecsit@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung
Telepon : 0721 70 20 22