SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT KULIT PADA MANUSIA MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING DAN CERTAINTY FACTORS

Donny Setiawan Setiawan

Abstract


Kulit merupakan bagian terpenting dari tubuh kita, jika kulit pada tubuh seseorang terkena suatu penyakit, maka akan menganggu penampilan dan aktifitas orang tersebut. Apabila penyakit kulit terus menerus dibiarkan maka akan menyebabkan penyakit kulit tersebut akan terus membesar sehingga akan sulit untuk mengobatinya. Lambatnya penanganan atau informasi untuk mengetahui jenis penyakit serta tidak mengetahui cara pencegahannya mengakibatkan seseorang dapat terkena penyakit kulit tingkat akut (kanker). Berdasarkan permasalahan yang ada didalam lingkungan masyarakat diciptakan suatu aplikasi yang dapat membantu masyarakat untuk dapat mengenali penyakit kulit yang diderita, sehingga tingkat kesadaran akan menjaga kebersihan makin tinggi, yakni aplikasi sistem pakar penyakit kulit. Sistem ini menggunakan pemrograman android serta menggunakan metode penalaran forward chaining dan certainty factors. Sistem pakar ini nantinya dapat menghasilkan diagnosa penyakit kulit serta pengobatan dan solusi pencegahan yang perlu dilakukan. Dengan adanya aplikasi ini tentunya sangat membantu masyarakat mengenali penyakit yang dideritanya berdasarkan gejala-gejala yang ada sehingga tersadar untuk merujuknya ke dokter ahli. Seorang pakar (dokter) akan terbantu sebagian tugasnya karena tidak perlu lagi mengira-ngira penyakit yang diderita pasien.


Full Text:

PDF

References


Al-Fatta, Hanif., 2007. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan bersaing Perusahan dan Organisasi Modern. Yogyakarta: Andi Offset.

Astuti, Feri., D., dan Sulastri, 2012, Sistem Pakar Pendiagnosa Penyakit Kulit dengan Pengebatan Madu berbasis Web. Jurnal: Dinamika Informatika Vol 4. No. 1.

Badan PPSDM Kemenkes, 2017, “Data Tenaga Dokter Spesialis Lainnya yang didayagunakan di Fasyankes di Provinsi LAMPUNG”. http://bppsdmk.kemkes.go.id/info_sdmk/info/rekap_prov?prov=18&rumpun=1&subrumpun=13, diakses tanggal 01 Desember 2017 pukul 14:56 WIB.

Daniel dan Virginia, G., 2010, Implementasi Sistem Pakar untuk mendiagnosis Penyakit dengan gejala Demam menggunakan Metode Certainty factor, Volume 6 No 1. Yogyakarta: Jurnal Teknik Informatika Universitas Kristen Duta Wacana.

Dhiaksa, Anindita. 2016, Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kulit menggunakan Metode Forward Chaining. Yogyakarta: Skripsi Teknik Informatika Universitas Sanata Dharma.

Deddy K., Rizky A., dan Dzaki, 2017, Implementasi Sistem Pakar Forward Chaining untuk identifikasi dan tindakan perwatan jerawat wajah.

Djuanda, 1999. Ilmu Penyakit dan Kelamin, Jakarta: Fakultas kedokteran Universitas Indonesia.

Doddy T., 2017, Forward Chaining dan CF Pada Diagnosa Hama C. Pandurata

Durkin, J., 1994. Expert System Design and Development, New Jersey: Pretince Hall International Inc.

Giarratono, Josep C., and Gary D. Riley., 2005. Expert Systems Principles and Programming, 4th edition. Massachusetts: Course Technology, Boston

Hayadi, B. Hermawan. 2016. Sistem Pakar. Sleman: Deepublish

Kusumadewi S, 2003. Artificial Intelligence (Teknik dan Aplikasinya), Yogyakarta: Graha Ilmu.

Munawar, 2005, Pemodelan Visual dengan UML, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Maradona, Hendri ,2015, Sistem Pakar mendeteksi penyakit kulit pada sapi menggunakan metode forward chaining di Dinas Peternakan Kabupaten Rokan Hulu. Riau: Jurnal Teknik Informatika Universitas Pasir Pengaraian.

Nugroho, Bunafit., 2005, Pengenalan UML, Yogyakarta: Andi Publisher.

Nuraeni, Fitri., Agustin, Yoga.,H., dan Yusup, Endah.,N., 2016, Aplikasi Pakar Untuk Diagonasa Penyakit Kulit Menggunakan Metode Forward Chaining Di Al-Arif Skin Care Kabupaten Ciamis. Yogyakarta: Jurnal Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia.

Paryati. 2011, Sistem Pakar Berbasis Web Untuk Mendiagnosa Penyakit Kulit. Yogyakarta: Jurnal Telematika Vol.7. No. 2 Januari: 95-102

Rachman, Adi.,F. 2015, “Android Kuasai Asia Tenggara, di Indonesia Paling Juara”, https://inet.detik.com/consumer/d-3054169/android-kuasai-asia-tenggara-di-indonesia-paling-juara, diakses tanggal 28 November 2017 pukul 15.07 WIB

Safaat.,H., Nazruddin., 2011. Membangun Aplikasi Mobile Berbasis Android. Bandung.

Siswanto. 2010. Kecerdasan Tiruan. Yogyakarta: Graha Ilmu

Siregar, R. S., 2000, Penyakit Jamur Kulit (Edisi 2), Jakarta: Buku Kedokteran EGC.

Sutojo, T., Mulyanto, Edy dan Suhartono, Vincent., 2011, Kecerdasan Buatan. Yogyakarta: Andi Publisher.




DOI: https://doi.org/10.33365/jecsit.v1i1.4

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Donny Setiawan Setiawan


Journal of Engineering, Computer Science and Information Technology (JECSIT)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Faculty of Engineering and Computer Science
Web: http://jurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JECSIT/index
Email : jurnal.jecsit@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung
Telepon : 0721 70 20 22