SISTEM PAKAR UNTUK MEMPREDIKSI PENYAKIT PADA HEWAN TERNAK SAPI MENGGUNAKAN POHON KEPUTUSAN ID3

Dicky Anggriawan Anggriawan

Abstract


Banyak peternak sapi memanggil dokter hewan atau mantri hewan untuk memerikasa ternak mereka, namun kesulitan untuk mendatangkan dokter atau mantri tersebut, serta terbatasnya dokter atau mantri yang ada di lingkungan peternak yang menyebabkan sebagian peternak lebih memilih untuk mengatasi dengan caranya sendiri untuk sapi yang sedang sakit.

Metode dalam penelitian ini menggunakan metode pohon keputusan ID3. Algoritma ini melakukan pencarian secara menyeluruh (greedy) pada semua kemungkinan pohon keputusan yang berusaha membangun pohon keputusan secara top-down (dari atas ke bawah) mulai dengan pertanyaan: “atribut mana yang pertama kali harus dicek dan diletakkan pada root? ”pertanyaan ini dijawab dengan mengevaluasi semua atribut yang ada dengan menggunakan suatu ukuran statistik yang banyak digunakan adalah information gain untuk mengukur efektivitas suatu atribut dalam mengklasifikasikan kumpulan sampel data.

                Hasil dari penelitian ini menghasilkan aplikasi sistem pakar berbasis android yang dibangun menggunakan ionic framework ini dapat memudahkan user dalam mendapatkan informasi tentang penyakit sapi dan juga dapat membantu mengetahui penyebab serta cara pengobatan yang sedang diderita sapinya.

Full Text:

PDF

References


H.S, Suryadi. 1994. Pengantar Sistem Pakar. Depok: Universitas Gunadarma.

Google. 2016. Android Developer Fundamentals Course : Google Developed Training Team.

Kementrian Pertanian Direktorat Jendral Perternakan dan Kesehatan Hewan. 2014. Manual Penyakit Hewan Mamalia. Jakarta: Subdit Pengamatan Penyakit Hewan.

Mulya, Kusuma Detyaputra. et all. 2011. Rancang Bangun Sistem Pakar Dalam Penentuan Jenis Penyakit Pada Hewan Sapi.

Rachmawati, Diah. 2015. Penerapan Pohon Keputusan ID3 sebagai Seleksi Perpanjangan Kontrak Kerja karyawan PT. Graha Mesin Globalindo. Malang: Universitas Widyagama Malang.

Sidette, Julce Adiana. et all. 2014. Pendekatan Metode Pohon keputusan Menggunakan Algoritma ID3 untuk Sistem Informasi Pengukuran Kinerja PNS. Jurnal Sistem Informasi Bisnis.

Subakti, Irvan. 2006. Sistem Berbasis Pengetahuan. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nevember.

Syatibi, Ahmad. 2012. Sistem Pakar Diagnosa Awal Penyakit kulit Sapi Berbasis Web dengan Menggunakan Metode Certainty Factor. Semarang: Universitas Diponegoro.

Tyasti, Avia Enggar. et all. 2015. Algoritma Interactive Dichotomizer 3 (ID3) untuk Mengidentifikasi Data Rekam Medis. Jurnal Gaussian, Vol. 4, No.2

Wahyudin. 2009. Metode Interactive Dichotomizer 3 (ID3) Untuk Penyeleksian Penerimaan Mahasiswa Baru. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Vol. 2, No.2

Shodik, N., Neneng, N. dan Ahmad, I. (2019) “SISTEM REKOMENDASI PEMILIHAN SMARTPHONE SNAPDRAGON 636 MENGGUNAKAN METODE SIMPLE MULTI ATTRIBUTE RATING TECHNIQUE (SMART),” Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI). Universitas Pendidikan Ganesha, 7(3), hlm. 219. doi: 10.23887/janapati.v7i3.15727.

Sucipto, A., Fernando, Y., Borman, R.I. and Mahmuda, N. (2019). Penerapan Metode Certainty Factor Pada Diagnosa Penyakit Saraf Tulang Belakang. Jurnal Ilmiah FIFO, 10(2), p.18.

Irawan, A., Rohaniah, R., Sulistiani, H. and Priandika, A.T. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Untuk Pemilihan Tempat Servis Komputer di Kota Bandar Lampung Menggunakan Metode AHP. Jurnal Tekno Kompak, 13(1), p.30.

Sulistiani, H. and Aldino, A.A. (2020). DECISION TREE C4.5 ALGORITHM FOR TUITION AID GRANT PROGRAM CLASSIFICATION (CASE STUDY: DEPARTMENT OF INFORMATION SYSTEM, UNIVERSITAS TEKNOKRAT INDONESIA). Edutic - Scientific Journal of Informatics Education, 7(1).

Nurkholis, A., Muhaqiqin and Susanto, T. (2020). Algoritme Spatial Decision Tree untuk Evaluasi Kesesuaian Lahan Padi Sawah Irigasi. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi), 4(5), pp.978–987.

Borman, R.I., Napianto, R., Nurlandari, P. and Abidin, Z. (2020). IMPLEMENTASI CERTAINTY FACTOR DALAM MENGATASI KETIDAKPASTIAN PADA SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT KUDA LAUT. JURTEKSI (Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi), 7(1), pp.1–8.

Nurkholis, A., Muhaqiqin, M. and Susanto, T. (2020a). Analisis Kesesuaian Lahan Padi Gogo Berbasis Sifat Tanah dan Cuaca Menggunakan ID3 Spasial. JUITA: Jurnal Informatika, 8(2), p.235.




DOI: https://doi.org/10.33365/jecsit.v1i1.3

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JECSIT Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Faculty of Engineering and Computer Science
Web: http://jurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JECSIT/index
Email : jecsit@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung
Telepon : 0721 70 20 22