PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH SEBAGAI SARANA PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN CITRA DESTINASI DAN MENARIK MINAT BENKUNJUNG (SURVEY PADA PENGUNJUNG PULAU PAHAWANG)

Bagas Riyadi, Dian Novita, Jaelani Jaelani

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui serta menganalisis Pengaruh Electronic Word of Mouth Sebagai Sarana Promosi Untuk Meningkatkan Citra Destinasi dan Minat Berkunjung Wisatwan (Survey Pada Pengunjung Pulau Pahawang). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini wisatawan domestik pengguna sosial media instgram. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 wisatawan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini hanya menggunakan data primer yang diperoleh dengan cara menyebarkan sejumlah pertanyaan kepada responden. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis jalur atau path analysis dengan menggunakan SPSS versi 16. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa electronic word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra destinasi dan minat berkunjung dan citra berkujung berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung.


Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. (2018). Jumlah Kunjungan Wisatawan Nusantara, 2015 - 2018. Www.Bps.Go.Id. https://www.bps.go.id/dynamictable/2019/09/24/1645/jumlah-kunjungan-wisatawan-nusantara-2015---2018.html

Budi Utama, I Putu Hari & Ketut Giantara, I. G. A. (2020). Peran Citra Destinasi Memediasi Pengaruh E-WOM Terhadap Niat Berkunjung Kembali Wisatawan (Studi Pada Obyek Wisata Taman Edelweis Bali). E-Jurnal Manajemen, 9(4), 1230–1251.

databoks. (2018). Berapa Pendapatan Devisa dari Sektor Pariwisata Indonesia? Www.Databoks.Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2018/09/10/berapa-pendapatan-devisa-dari-sektor-pariwisata-indonesia

Indriyani, Novita Eka & Artanti, Y. (2020). Peran Citra Destinasi, E-wom, Dan Travel Constraints Pada Niat Berkunjung Wisata Pantai Di Kota Surabaya, Jawa Timur. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), 11(2), 260–281.

Jarot Bayu, D. (2020). Jumlah Pengguna Internet di Indonesia Capai 196,7 Juta. Www.Databoks.Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/11/11/jumlah-pengguna-internet-di-indonesia-capai-1967-juta

Mulyati, Y., & Afrinata, M. (2018). Analisis Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Minat Berkunjung Kembali Pada Destinasi Wisata Pantai Carocok Painan Kabupaten Pesisir Selatan (Studi Kasus Pada Wisatawan Domestik). JURNAL AKUNTANSI, EKONOMI Dan MANAJEMEN BISNIS, 6(2), 191–200.

Mulyati, Y., Haryeni, & Masruri. (2018). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Citra Destinasi Serta Dampaknya Pada Minat Dan Keputusan Berkunjung Wisatawan Domestik Pada Destinasi Wisata Kota Bukit Tinggi. Jurnal Ekonomi & Bisnis Dharma Andalas, 20(1), 168–187.

Putra, S. P. A. M. (2017). Pengaruh E-Wom Terhadap Citra Destinasi, Kepuasan, dan Loyalitas (Studi pada kunjungan wisatawan di DIY). Modus, 29(2), 201–218.

Setiawan, N. A., & U., F. H. (2014). Strategi Promosi dalam Pengembangan Pariwisata Lokal di Desa Wisata Jelekong. Trikonomika, 13(2), 184–194.

Supryadi, D. I., & Sutanto, H. (2018). E-WOM ( Electronic Word Of Mouth ): Dimensi dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan ke Gili Matra di Kabupaten Lombok Utara (KLU). 4(2), 69–89.

Suwarduki, P., Yulianto, E., & Mawardi, M. (2016). PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP CITRA DESTINASI SERTA DAMPAKNYA PADA MINAT DAN KEPUTUSAN BERKUNJUNG (Survei pada Followers Aktif Akun Instagram Indtravel yang Telah Mengunjungi Destinasi Wisata di Indonesia). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 37(2), 1–10.




DOI: https://doi.org/10.33365/jeb.v1i1.87

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Faculty of Economy and Business
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : https://jurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JEB/index
E : jeb@teknokrat.ac.id.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.