PERAN CELEBRITY ENDORSER DAN EFEKTIVITAS IKLAN MELALUI MEDIA TELEVISI PADA MINAT BELI ( Survei pada konsumen situs belanja online shopee)

agung gunawan, Dian Novita, Angga Febrian

Abstract


Celebrity endorser dan efektivitas iklan merupakan salah bentuk strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan baik secara offline atau online untuk menarik perhatian minat konumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Penelitian ini menggunakan sampel dari 280 responden yang pernah menggunakan shopee dan memahami peran celebrity endorser. SPSS 16.0 digunakan dalam teknik analisis data dengan menggunakan uji regresi linier beganda dan uji t, untuk melihat pengaruh celebrity endorser pada dimensi (attractiveness, expertise, and trustworthiness) dan efektivas iklan dimensi (empathy, persuasion, impact, communication) pada minat beli. Hasil penelitian secara parsial menunjukan bahwa dukungan celebrity endorser pada dimensi (attractiveness, expertise, and trustworthiness) mempengaruhi minat beli konsumen jika celebrity yang digunakan sesuai dengan produk yang diiklankan dan evektivitas iklan pada dimensi (empathy, persuasion, impact, communication) mempunyai pengaruh terhadap minat beli, dimana semakin tinggi evektivitas iklan di televisi semakin tinggi pula minat beli konsumen. Penelitian selanjutnya dapat menambahkan variabel lain selain celebrity endorser dan efektivitas iklan pada minat beli.


Full Text:

PDF

References


Assael, H. (2001). Consumen Behavior And Marketing Action (Edisi 3). Kent Publishing Company, Boston Massachusset,AS.

Durianto. (2003). Invasi Pasar Dengan Iklan Yang Efektif : Strategi, Program Dan Teknik Pengukuran. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Eisend, M., & Langner, T. (2010). Immediate And Delayed Advertising Effects Of Celebrity Endorsers’ Attractiveness And Expertise. International Journal Of Advertising, 29(4), 527–546.Https://Doi.Org/10.2501/S0265048710201336

Erdogan, B. Z. (1999). Celebrity Endorsement : A Literature Review Celebrity Endorsement : A Literature Review. Journal Of Marketing Management, 15 (4), 291–314. Https://Doi.Org/10.1362/026725799784870379

Fleck, N., Korchia, M., & Le Roy, I. (2012). Celebrities In Advertising: Looking For Congruence Or Likability? Psychology & Marketing, 29(9), 651–662. Https://Doi.Org/10.1002/Mar.20551

Gholami Saeed, Ebrahim Roushanghias., And M. K. (2016). Examination Of Factors Influencing On Enhancement Of Brand Equity With Emphasis On Advertising And Sales Promotion. Of Current Research In Science, 1(2)

Henry Utarsih. (2014). Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Kartu As (Studi Kasus Pada Penduduk Bandung). Ilman, 2014(June), 1–2.

Ifeanyichukwu, C. D. (2016). Effect Of Celebrity Endorsements On Consumers Purchase Decision In Nigeria. International Research Journal Of Management, IT & Social Sciences, 3(9), 103. Https://Doi.Org/10.21744/Irjmis.V3i9.261

Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran (Ed. 11). Jakarta Indeks.

Mccormick, K. (2016). Celebrity Endorsements: Influence Of A Product-Endorser Match On Millennials Attitudes And Purchase Intentions. Journal Of Retailing And Consumer Services, 32. Foundations Of The Endorsement Process. Journal Of Consumer Research, 16(3), 310. Https://Doi.Org/10.1086/209217.

McCracken, G. (1989). Who is the Celebrity Endorser? Cultural Foundations of the Endorsement Process. Journal of Consumer Research, 16(3), 310. https://doi.org/10.1086/209217

Ohanian, R. (1990). Construction And Validation Of A Scale To Measure Celebrity Endorsers’ Perceived Expertise, Trustworthiness, And Attractiveness. Journal Of Advertising, 19(3), 39–52.Https://Doi.Org/10.1080/00913367.1990.1067311.

Savitri, N. W. (2017). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Iklan Melalui Media Denpasar Nyoman Wisniari Savitri Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana , Bali. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 6, No. 8, 2017: 4214-4239 ISSN : 2302-8912, 6(8), 4214–4239.

Sekaran, U. (2006). Research Method For Busineness A Skill Building Approach. Jhon Wiley And Son, Inc.

Shimp, T. A. (2000). Promosi Dan Periklanan. Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Erlangga, Jakarta.

Shimp, T. A. (2007). Integrated Marketing Communication In Advertising And Promotion (7 Th Ed). Thomson South-Wetsern, 2007.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D (Edisi Kedu). ALFABETA, Bandung.

Vania, S., & Sofyan, A. (N.D.). Hubungan Efektivitas Iklan Di Instagram Dengan Minat Beli Konsumen The Relationship Between Advertising Effectiveness With Consumer Purchase Intention.




DOI: https://doi.org/10.33365/jeb.v1i1.78

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Faculty of Economy and Business
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : https://jurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JEB/index
E : jeb@teknokrat.ac.id.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.