Pengaruh Gaya Hidup dan Kualitas Produk Pada Keputusan Pembelian Starbucks Coffee

Yunita Amelia, Dewi Sukmasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh gaya hidup dan kualitas produk pada keputusan pembelian Starbucks coffee. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas, analisis linier berganda serta pengujian hipotesis. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan 110 responden yaitu konsumen yang pernah membeli produk Starbucks. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial gaya hidup berpengaruh positif pada keputusan pembelian Starbucks coffee, kualitas produk secara parsial berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian Starbucks coffee. Hasil penelitian secara simultan bahwa gaya hidup dan kualitas produk berpengaruh positif pada keputusan pembelian Starbucks coffee.


Full Text:

PDF

References


Agus, I. P., Sanjaya, A., Ketut, I. G. A., & Ardani, S. (2020). Product Quality influence , Word Of Mouth and Internet Marketing toward Purchasing Decisions ( Study on Consumer Karakter Coffee Shop in Denpasar ). American Journal of Humanities and Social Sciences Research, 4(3), 159–163. https://doi.org/10.1108/10662240810883290

Athira, R. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Ruangopi Galaxy Kota Bekasi. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 8(1), 1–9. https://doi.org/10.12962/j23373539.v5i2. 19671

Aryanto, Agus. (17 Desember 2019). Bisnis Kedai Kopi Di Indonesia Cerah, Jumlahnya Melesat 3x Lipat. WartaEkonomi.co.id. https://www.wartaekonomi.co.id/read262062/bi snis-kedai-kopi-di-indonesia-cerah-jumlahnya- melesat-3x-lipat. Diakses Pada 23 Januari 2021.

Bella. (20 Oktober 2018). Gaya Hidup Remaja Zaman Sekarang. Kompasiana.com. https://www.kompasiana.com/bella53759/5bcae 729ab12ae6f1f3122e4/gaya-hidup-remaja- zaman-sekarang.

Cahya, D. Kahfi. (10 November 2017). Budaya Nongkrong Di Kedai Kopi Yang Tak Pernah Pudar. Kompas.com.

https://lifestyle.kompas.com/read/2017/11/10/08 1400420/budaya-nongkrong-di-kedai-kopi- yang-tak-pernah-pudar. Diakses Pada 19 Januari 2021.

Delastuty. (23 Oktober 2012). Macam-Macam Gaya Hidup. Delastuty.wordpress.com. https://delastuty.wordpress.com/2012/10/23/ma cam-macam-gaya-hidup/.

Dianta, A. A. N., & Negara, E. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image Terhadap Minat Beli ( Survei pada Pembeli di Gerai

Starbucks di Kota Surabaya ). Jurnal Administrasi Bisnis 61(2), 202–209.

Fure, P., & Co, D. I. J. (2015). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di J.Co Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(1), 367–377.

Ginting Br Santiana Vera, Irianto Heru, U. W. B. (2017). Pengaruh Gaya Hidup, Word of Mouth Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Cafe Ngopi Serius Di Surakarta. Jurnal Agrista 5(1), 145–154. https://doi.org/12.1119/115468794

Hidayatullah, G. F. F., & Zahara, Z. (2020). Peran Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian di Cafe Orange Puncak Pandanjese. Ilmu Manajemen Universitas Tadulako, 6(1), 70–78.

International Coffee Organization (ICO). Domestic Consumption By All Exporting Countries. Ico.org. http://www.ico.org/historical/1990%20onwards/ PDF/1b-domestic-consumption.pdf. Diakses Pada 23 Januari 2021.

Kanopi. (24 April 2020). Flat White Economy : Efektor Pertumbuhan Pesat Industri Kedai Kopi Milenial. Kompasiana.com https://wwwgoogle.co.id/amp/s/www.kompasia na.com/amp/kanopi_febui/5ea2cd0ed541df4230 70b9a2/flat-white-economy-efektor- pertumbuhan-pesat-industri-kedai-kopi- milenial. Diakses Pada 23 Januari 2021.

Kominfo. (29 Agustus 2019). Gaya Hidup Generasi Milenal Mampu Dorong Pertumbuhan Ekonomi. Kominfo.jatimprov.go.id. https://kominfo.jatimprov.go.id/read/umum/gay a-hidup-generasi-milenial-mampu-dorong- pertumbuhan-ekonomi. Diakses Pada 22 Januari 2021.

Lomboan, R., Tampi, J. R. ., & Mukuan, D. D. . (2020). Pengaruh Gaya Hidup dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada Starbucks Manado Town Square. Productivity, 1(3), 256–

https://doi.org/10.2307/20721420

Lubis, A. T., Irawati, N., Karina, B., & Sembiring, F. (2020). The Impact of Life Style and Social Media on Purchasing Decisions in B-One Cafe

, Medan. International Journal Of Research and Review 7(2), 32–40.

Mokoagouw, M. L., Manajemen, J., & Ekonomi, F. (2016).Pengaruh Gaya Hidup, Harga, Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung di Samsung Mobile IT Center Manado. jurnal Berkala Ilmiah efisiensi 16(01), 493–502..

Muin, Fathul. (29 November 2019). Pasang Surut Kopi Lampung. Detik.com.

https://news.detik.com/kolom/d- 4803281/pasang-surut-kopi-lampung. Diakses Pada 23 Januari 2021.

Pandensolang, D. J., & Tawas N. H. (2015). Pengaruh Diferensiasi, Kualitas Produk dan Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Coca-Cola pada PT. Bangun Wenang Beverges Company Manado. jurnal Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi. 3(7), 1113-

https://doi.org/13.56743/emba.10947.

Prasetyo, D. (2019). Menilik Cabang Starbucks Baru di Jalan Ahmad Yani. Kumparan.com. https://www.google.co.id/amp/s/m.kumparan.co m/amp/lampunggeh/menilik-cabang-starbucks- baru-di-jalan-ahmad-yani-1rbbmj443sT. Diakses Pada 15 Febuari 2021.

Prastiwi, N. D. (2016). Pengaruh Brand Image Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(3). https://doi.org/10.37673/jcs.v2i2.526

Sejati, B. S. A. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Starbucks. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen 5(3), 1–19.

Sifatuh, S. & Santhoeso, E. B. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi di Martabak Terang Bulan "Bahari" Tunggulwulung Malang). Jurnal Aplikasi Bisnis 8(2).

Siregar, P. Boyke. (21 Desember 2020). Harapan Ekonomi RI, Pertumbuhan Industri Makanan dan Minuman diprediksikan Tumbuh Tinggi. WartaEkonomi.co.id. https://www.google.co.id/amp/s/amp.wartaekon omi.co.id/berita305107/harapan-ekonomi-ri- pertumbuhan-industri-makanan-minuman- diprediksi-tumbuh-tinggi . Diakses Pada 22 januari 2021 (21.19 Wib).

Starbucks. (January, 2018). Company Profile.

Starbucks.co.id https://www.starbucks.co.id/media/AboutUs- Company_Profile-1.26.18_tcm33-34812.pdf. Diakses pada 6 januari 2021.

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfa beta:Bandung.

Susilo, H. J. Wuryaningsih,.K.H. (2019). Perilaku Gaya Hidup Generasi Muda dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi. 8(1) 12-17

Top Brand Index https://www.topbrand- award.com/top-brand- index/?tbi_find=starbucks. Diakses Pada 6 Januari 2021.

Virya, A. K. (2018). Pengaruh Gaya Hidup dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian

Produk Chimon. Jurnal Manajemen dan Start- Up Bisnis. 3(8) 14-18

Vivian, S. (2020). Pengaruh Brand Image dan Gaya Hidup Hedonis Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Generasi Z pada Produk Starbuck. Jurnal Transaksi 12(1), 51–66.

Wijayanti Kardinar Silvana, Fahleti Hana Widya,

J.A. (2017). Pengaruh Gaya Hidup, Konsep Diri, Kelas Sosial dan Harga Terhadap Keputusan Konsumen Berkunjung Ke Kedai Kopi. Research Journal of Accounting and Business Management 9(2), 72-83.

https://doi.org/10.37673/rjabm.y1v2.526




DOI: https://doi.org/10.33365/jeb.v2i1.77

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Faculty of Economy and Business
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : https://jurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JEB/index
E : jeb@teknokrat.ac.id.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.