ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HARGA SAHAM

Toni Jaya Prasetya, Vera Apri Dina Safitri, Fenni Yufantria

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Current Ratio, Debt to Equity Ratio, Return On Asset, Return On Equity, Earning Per Share dan Price Earning Ratio terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur sub sektor logam dan sejenisnya yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2019. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh perusahaan logam dan sejenisnya yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik pemilihan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Data diperoleh dari website resmi Bursa Efek Indonesia www.idx.co.id dan website resmi masing-masing perusahaan. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini yaitu secara parsial Current Ratio, Debt to Equity Ratio, Return On Asset dan Price Earning Ratio tidak berpengaruh terhadap harga saham sedangkan Return On Equity dan Earning Per Share berpengaruh negatif signifikan terhadap harga saham

Full Text:

PDF

References


Andy, Novana, Sartika, Sihaloho, dan Wulandari (2020). Pengaruh Current Ratio (CR), Return On Equity (ROE), Debt On Equity Ratio (DER), Earning Per Share (EPS), dan Total Asset Turnover (TATO) terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Property, Real Estate dan Konstruksi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia PERI. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(3), 311-325.

Christian dan Frecky, (2019). Analisis Pengaruh Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Harga Saham pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Benefita: Ekonomi Pembangunan, Manajemen Bisnis & Akuntansi, 4(1), 115-136.

Herispon, (2016). Buku Ajar Analisis Laporan Keuangan (Finance Statetment Analysis). Riau : Akademi Keuangan & Perbankan Riau (AKBAR).

Karimah (2015). Pengaruh Arus Kas, Ukuran Perusahaan, Laba Akuntansi dan Nilai Buku Terhadap Harga Saham di BEI (Studi Empiris pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Listing di BEI Tahun 2009-2013). Journal of Accounting, 1(1).

Rahmadewi dan Abundanti (2018). Pengaruh EPS, PER, CR dan ROE terhadap Harga Saham di Bursa Efek Indonesia. E-jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(4)

Sriwahyuni dan Saputra (2017). Pengaruh CR, DER, ROE, TAT, dan EPS Terhadap Harga Saham Industri Farmasi di BEI Tahun 2011- 2015. Jurnal Online Insan Akuntan, 2(1)

Sulia, (2017). Analisis Faktor–Faktor yang Mempengaruhi Harga Saham pada Perusahaan LQ45 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil: JWEM, 7(2), 129-140.




DOI: https://doi.org/10.33365/jeb.v2i1.75

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Faculty of Economy and Business
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : https://jurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JEB/index
E : jeb@teknokrat.ac.id.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.