PENGARUH BEBAN PAJAK TANGGUHAN, PERENCANAAN PAJAK, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PRAKTIK MANAJEMEN LABA

Kadek Jata, Marsi Fella Rizki, Shiwi Angelica

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh perencanaan pajak, beban pajak tangguhan dan ukuran perusahaan terhadap terhadap manajemen laba. Variabel independen dalam penelitian ini adalah perencanaan pajak, beban pajak tangguhan dan ukuran perusahaan. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah manajemen laba. Objek penelitian ini yaitu perusahaan manufaktur subsektor pertanian yang terdaftar di bursa efek Indonesia pada periode 2019-2021. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Jumlah sampel yang didapat adalah 10 perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan pajak berpengaruh terhadap manajemen laba. Sedangkan beban pajak tangguhan dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap manajemen laba.

Kata Kunci: perencanaan pajak, beban pajak tangguhan, ukuran perusahaan, manajemen laba


Full Text:

PDF

References


Achyani, F., & Lestari, S. (2019). PENGARUH PERENCANAAN PAJAK TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2017). Riset Akuntansi Dan Keuangan Indonesia, 4(1), 77–88. https://doi.org/10.23917/reaksi.v4i1.8063

Aditama, F., & Purwaningsih, A. (2014). PENGARUH PERENCANAAN PAJAK TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN NONMANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Modus, 26(1).

Aprilia, Z. (2023). No TitleSurya Darmadi, Dulu Orang Terkaya RI, Kini Koruptor Terbesar. cnbcindonesiaco.com.

Astutik, R. E. P. (2016). PENGARUH PERENCANAAN PAJAK DAN BEBAN PAJAK TANGGUHANTERHADAP MANAJEMEN LABA. Ilmu Dan Riset, 5.

Deviana, L. (2021). PENGARUH DIREKTUR WANITA, BONUS PLANS, DAN POLITICAL COST TERHADAP MANAJEMEN LABA (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR PERHOTELAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2017-2019). Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Hamijaya, M. (2016). PENGARUH INSENTIF PAJAK DAN INSENTIF NON PAJAK TERHADAPMANAJEMEN LABA SAAT TERJADI PENURUNAN TARIF PAJAKPENGHASILAN BADAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANGTERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Akuntansi Bisnis, 14.

Kusuma, H. (2006). Dampak Manajemen Laba Terhadap Relevansi Informasi Akuntansi: Bukti Empiris Dari Indonesia. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 8(1), 1–12.

Nafiah, Z. (2013). MANAJEMEN LABA DITINJAU DARI SUDUT PANDANG PRAKTISIDAN AKADEMISI. Jurnal Stie Semarang, 5.

Pradewa, A. R., & Priono, H. (2021). No TitleREPUTASI KAP MEMODERASI PROFITABILITAS DANUKURAN PERUSAHAAN TERHADAP AUDIT DELAY(Study Empiris Perusahaan Sektor Infrastructure, Utilities, danTransportation Tahun 2016-2018). Mebis, 6.

Rahmawati, R. I., Ani, S. M., & Masri, I. (2021). Analisis Pengaruh Beban Pajak Tangguhan dan Perencanaan Pajak Terhadap Manajemen Laba. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 24(2).

Rohman, S., Sabrina, N., & Kurniawan, M. O. (2022). Pengaruh Perencanaan Pajak dan Beban Pajak Tangguhan TerhadapManajemen Laba(Study Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar danKimia yang Terdaftar di BEI 2017-2020). Jurnal Akuntansi, 9.

Yuliza, A., & Fitri, R. (2020). Pengaruh Beban Pajak Tangguhan dan Perencanaan Pajak Terhadap Praktik Manajemen Laba. Akpem: Jurnal Akuntansi Keuangan Dan Pemerintahan, 1(2).

Zen, S. D., & Merry, H. (2007). Pengaruh Harga Saham, Umur Perusahaan, dan Rasio Profitabilitas Perusahaan Terhadap Tindakan Perataan Laba Yang Dilakukan Oleh Perusahaan Perbankan. Jumal Akuntansi & ManaJemen, 2.




DOI: https://doi.org/10.33365/jeb.v3i2.361

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Faculty of Economy and Business
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : https://jurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JEB/index
E : jeb@teknokrat.ac.id.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.