SYSTEMATIC LITERATUR REVIEW THE IMPACT OF LIVE STREAMING ON CONSUMER PURCHASE DECISIONS

Risda - Marvinita, Angga Febrian

Abstract


Live streaming telah menjadi semakin populer dalam beberapa tahun terakhir, terutama dalam konteks e-commerce dan belanja online. Sehingga diperlukan review terhadap paper jurnal yang membahas tentang pengaruh live streaming dalam keputusan pembelian konsumen khususnya di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Systematic Literature Review (SLR) terhadap paper jurnal yang publish pada tahun 2020 hingga tahun 2022. Adapun Research Question yang ditetapkan pada penelitian ini sebanyak tiga dengan hasil akhir bahwa pada penelitian objek yang paling banyak diteliti selain Shopee adalah Tiktok dan Instagram, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner dan dengan jumlah responden mayoritas berkisar 100 orang, serta faktor yang paling berpengaruh dalam keputusan pembelian konsumen adalah kualitas produk dan kepercayaan. Secara keseluruhan, ulasan literatur yang sistematis menunjukkan bahwa live streaming memiliki dampak positif yang signifikan pada keputusan pembelian konsumen dalam konteks e-commerce dan belanja online. Kehadiran visual dalam belanja streaming membantu konsumen merasa nyata dan membuat keputusan pembelian lebih mudah serta memiliki potensi untuk meningkatkan pendapatan penjualan untuk bisnis.

 

Kata Kunci: Live streaming, Keputusan Pembelian, Systematic Literature Review, Pemasaran Digital, E-commerce


Full Text:

PDF

References


Chen, Y. W. (2019). How Live Streaming Influences Purchase Intention: The Dual Route of Information Processing. Sustainability, 11(14), 3909.

E. Triandini, S. J. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63–77.

Guo J, L. Y. (2021). How Live Streaming Features Impact Consumers’ Purchase Intention in the Context of Cross-Border E-Commerce? A Research Based on SOR Theory. Front. Psychol. 12:76787, doi: 10.3389/fpsyg.2021.767876.

Jin, Q. C. (2022). What Drives Consumer Purchasing Intention in Live Streaming E-Commerce? Front. Psychol. 13:938726, doi: 10.3389/fpsyg.2022.938726.

Kaytoue, M. S. (2012). Watch me playing, i am a professional: a first study on video game live streaming. In Proceedings of the 21st international conference on world wide web, (pp. 1181-1888).

Kim, H. W. (2020). The Impact of Live Streaming on Purchase Intention in Mobile Commerce: A Moderated Mediation Model. . Information Systems Frontiers, 22(3), 687-701.

Li, X. W. (2018). The Impact of Live Streaming on Purchase Intentions of Chinese Audiences. . International Journal of E-Business Research, 14(2), 1-19.

Liu, J. Z. (2023). Formation mechanism of consumers' purchase intention in multimedia live platform: a case study of taobao live. Multimed Tools Appl, https://doi.org/10.1007/s11042-023-15666-6.

Park, C. &. (2019). Antecedents of online reviews' usage and purchase influence: An empirical comparison of US and Korean consumers. Journal of Interactive Marketing, 23(4), 332-340.

Song, C., & Liu, Y.-l. ( 2021). The effect of live-streaming shopping on the consumer's perceived risk and purchase intention in China. 23rd Biennial Conference of the International Telecommunications Society (ITS). Sweden.

Sun, Y. S. (2019). How live streaming influences purchase intentions in social commerce: An IT affordance perspective. Electronic Commerce Research and Applications, 37, 100886.

Wang X, A. N. (2022). Research on the impact of live streaming marketing by online influencers on consumer purchasing intentions. Front. Psychol. 13:1021256, doi: 10.3389/fpsyg.2022.1021256.




DOI: https://doi.org/10.33365/jeb.v3i2.351

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Faculty of Economy and Business
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : https://jurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JEB/index
E : jeb@teknokrat.ac.id.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.