Pengaruh Celebrity Endorser, Citra Merek, dan Kualitas Produk Terhadap Niat Beli Produk Fashion Erigo di Kota Bandar Lampung

Rhamadhan Trias Deswan Azis, Almira Devita Putri, Jaelani .

Abstract


Pada era modern di Indonesia saat ini fashion menjadi salah satu hal yang sangat dibutuhkan khususnya bagi kaum milenial. Ketertarikan konsumen terhadap barang-barang merek lokal dipengaruhi oleh berbagai faktor. Peneliti menggunakan brand Erigo sebagai objek penelitian. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis apakah Celebrity Endorser, Citra Merek, Kualitas Produk berpengaruh terhadap Niat Beli produk fashion Erigo di Kota Bandar Lampung. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang berdomisili di Kota Bandar Lampung dan memiliki niat membeli produk fashion Erigo. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 103 orang dengan menggunakan teknik non-probability sampling dan menggunakan metode purposive sampling.Analisis data pada penelitian ini adalah kuantitatif yang meliputi uji validitas, reliabilitas, uji t dan f, uji koefesien determinasi. Teknik analisis data menggunakan metode regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh celebrity endorser, citra merek, dan kualitas produk terhadap niat membeli produk fashion erigo di Kota Bandar Lampung. Hal ini ditunjukan dengan nilai signifikasi (sig.) < α = (0,05), celebrity endorser menunjukkan 0,00 < 0,05, citra mereka menunjukkan 0,012 < 0,05, kualitas produk menunjukkan 0.12 < 0,05.Koefesien determinasi memperoleh 0,744 atau 74,4% celebrity endorser, citra merek, kualitas produk mempengaruhi niat membeli.Sedangkan sisanya sebesar 25,6% niat membeli dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh celebrity endorser, citra merek, dan kualitas produk terhadap niat membeli produk fashion erigo di Kota Bandar Lampung. Hal ini ditunjukan dengan nilai signifikasi (sig.) < α = (0,05), celebrity endorser menunjukkan 0,00 < 0,05, citra mereka menunjukkan 0,012 < 0,05, kualitas produk menunjukkan 0.12 < 0,05.Koefesien determinasi memperoleh 0,744 atau 74,4% celebrity endorser, citra merek, kualitas produk mempengaruhi niat membeli. Sedangkan sisanya sebesar 25,6% niat membeli dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh celebrity endorser, citra merek, dan kualitas produk terhadap niat membeli produk fashion erigo di Kota Bandar Lampung. Hal ini ditunjukan dengan nilai signifikasi (sig.) < α = (0,05), celebrity endorser menunjukkan 0,00 < 0,05, citra mereka menunjukkan 0,012 < 0,05, kualitas produk menunjukkan 0.12 < 0,05.Koefesien determinasi memperoleh 0,744 atau 74,4% celebrity endorser, citra merek, kualitas produk mempengaruhi niat membeli. Sedangkan sisanya sebesar 25,6% niat membeli dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.citra mereka menunjukkan 0,012 < 0,05, kualitas produk menunjukkan 0.12 < 0,05.Koefesien determinasi memperoleh 0,744 atau 74,4% celebrity endorser, citra merek, kualitas produk mempengaruhi niat membeli. Sedangkan sisanya sebesar 25,6% niat membeli dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. citra mereka menunjukkan 0,012 < 0,05, kualitas produk menunjukkan 0.12 < 0,05.Koefesien determinasi memperoleh 0,744 atau 74,4% celebrity endorser, citra merek, kualitas produk mempengaruhi niat membeli. Sedangkan sisanya sebesar 25,6% niat membeli dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

 

Kata Kunci : Celebrity Endorser, Citra Merek, Kualitas Produk dan Niat Beli


Full Text:

PDF

References


Anafik, R. (2012). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Daya Tarik Iklan Terhadap Niat Membeli Sepeda Motor Yamaha ( Studi Kasus pada konsumen yamaha cabang kedungmundu Semarang). Journal Of Management, 274-281.

Apejoye, A. (2013). Influence of Celebrity Endorsement of Advertisement on Students’ Purchase Intention. J Mass Communicat Journalism vol 3. No 3, 1–7.

Cristian Mowen, M. M. (2002). Perilaku Konsumen. Jakarta: Erlangga.

Ghozali. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hansudoh. (2012). Pengaruh Celebrity Endorsment Terhadap Purchase Intention Melalui Perceived Value Pada Produk Top Coffe di Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen .

Hemamalini, K.S., S. (2014). Effectiveness of Television Adverisement on Purchase Intention. International Journal of Innovative Reseaarch in Science, Engineering and Technology, 9416-9422. Henry, A. (2001). Customer Behavior and Marketing Action 6th Edition. New York: NYU Thoomson Learning. I

Wayan Santika, M. (2017). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, Kualitas Produk Terhadap Niat Beli Sepeda Motor Honda Vario 125 di Kota Denpasar. Jurnal Manajemen Unud, 1933-1961.

Kotler, K. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran 2, Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. d. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi 13, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kusumandari, L. (2020). Pengaruh Brand Image, Celebrity Endorser, dan Kualitas Produk Terhadap Niat Beli Shampo Pantene. Skripsi Manajemen Pemasaran.

Laveinia Septa Dwi Utami. (2019). Pengaruh Celebrity Endorsment dan Brand Image Terhadap Purchase Intention Produk Lipstik Sari Ayu Di Kota Palu. Skripsi, Universitas Tadaluko.

Mendrofa, Y. (2009). Effect of Product Knowledge and Brand Image to Purchase Intention with HP Laptop Brand Price Dsicounts as Variables Moderated in Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen : JUMMA, 1-6.

Monica Claudia Lanongbuka. (2018). Pengaruh Celebrity Endorsments Terhadap Niat Pembelian Konsumen ( Studi penggunaan Karin Novilda sebagai bintang iklan dalam Instagram ). Skripsi Manajemen Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Muhammad Irfan Tariq, M. H. (2013). Customer Perceptions about Branding and Purchase Intention. Jounal of Basic and Applied, 340-347.

Philip Kotler, J. J. (2014). Marketing for hospitality and tourism. 6th edition. Jakarta: Erlangga.

Purnama, N. (2006). Manajemen Kualitas : Prespektif Global. Yogyakarta: Ekonisia.

Shimp, T. (2003). Periklanan Promosi & Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu, Jilid I ( Edisi 5 ). Jakarta : Erlangga.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: ALFABETA.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sulistyari, I. N. (2012). Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Minat Beli Produk Oriflamme. Diponegoro Journal of Management.

Time, I. (2022, April 22). Dipetik Oktober 26, 2022, dari https://www.idntimes.com/life/men/5-brand-lokal-terpopuler

Wahyuni, N. d. (2013). Pengaruh Brand Image dan Product Knowledge terhdadap Purchase Intention Produk Tas Tiruan d




DOI: https://doi.org/10.33365/jeb.v3i2.349

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Faculty of Economy and Business
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : https://jurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JEB/index
E : jeb@teknokrat.ac.id.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.