PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH PRODUK TABUNGAN EMAS DI PEGADAIAN KOTA BANDAR LAMPUNG

Anton Pratama, Almira Devita Putri, Emi Suwarni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Memilih Produk Tabungan Emas di Pegadaian kota Bandar Lampung. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian menggunakan data primer kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang telah menggunakan produk tabungan emas PT. Pegadaian di Kota Bandar Lampung. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan rumus Hair et al yaitu sebanyak 130 nasabah, yang kemudian diolah menggunakan aplikasi SPSS 26. Pengujian dilakukan dengan uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linier berganda, uji t (parsial), uji f (simultan), dan koefisien determinasi (r2 ). Hasil menunjukan bahwa Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Memilih, Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Memilih, dan  Promosi dan Kualitas Pelayanan secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Memilih Produk Tabungan Emas di Pegadaian Kota Bandar Lampung.

Kata kunci: Promosi, Kualitas Pelayanan dan Keputusan Memilih, Tabungan Emas, dan Metode Kuantitatif

Full Text:

PDF

References


Ali, Karnila. 2017. “Pengaruh Promosi Dan Atribut Produk Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Memilih Tabungan Ekasave Pada Bank Eka Kantor Pusat Metro.” Jurnal Ilmiah Fe-Umm 11(1):1–9.

Baru, Siswa, Dalam Pemilihan, Smak St, And Petrus Kewapante. 2022. “Jurnal Impresi Indonesia ( Jii ).” 1(3). Doi: 10.36418/Jii.V1i03.34.

Daud, Denny. 2013. “Promosi Dan Kulitas Layanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa.” Journal Of Chemical Information And Modeling 5(4):51–59.

Delvecchio, Devon. 2005. “Deal-Prone Consumers’ Response To Promotion: The Effects Of Relative And Absolute Promotion Value.” Psychology And Marketing 22(5):373–91. Doi: 10.1002/Mar.20064.

Fajar Fahrudin, Muhammad, And Emma Yulianti. 2015. “Pengaruh Promosi, Lokasi, Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Nasabah Bank Mandiri Surabaya.” Journal Of Business & Banking 5(1):149. Doi: 10.14414/Jbb.V5i1.478.

Febriansyah, Kurnia. 2020. “Pengaruh Marketing Mix Terhadap Kepuasan Konsumen Di Kopi Studio 24 Malang.” Institut Bisnis Dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta. 28–29.

Hilal, Nur. 2020. “Tarmizi , Nur Hilal Issn : 2654 - 4326 Halaman 160 Dari 170.” 3(2):160–70.

Jackson R.S. Weenas. 2013. “Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta.” Jackson R.S. Weenas - Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta 1(4):607–18. Doi: 2303-1174.

Lasander, Christian. 2013. “Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Promosi Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Makanan Tradisional.” Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi 1(3):284–93.

Marpaung, Budiman, And Ani Mekaniwati. 2020. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian Studi Pada Konsumen Alat Mesin Pengolah Kopi Di Pt. Karya Mitra Usaha.” Jimkes Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan 8(1):29–38.

Nowlis, Stephen M., And Itamar Simonson. 2000. “Sales Promotions And The Choice Context As Competing Influences On Consumer Decision Making.” Journal Of Consumer Psychology 9(1):1–16. Doi: 10.1207/S15327663jcp0901_1.

Saibantono, Fitroh, Rahayu Triastity, And Retno Susanti. 2018. “Pengaruh Produk, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Anggota Untuk Menabung (Survei Pada Anggota Kspps Bina Insan Mandiri Cabang Jeruksawit Karanganyar).” Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan 18(1):55–65.

Silaban, Bernard E., Desi Rosdiana, Institut Bisnis Nusantara, Bernard E. Silaban, Rosdiana Pengaruh, And Kualitas Layanan. 2020. “Bernard E. Silaban Dan Desi Rosdiana : ‘ Pengaruh Kualitas Layanan, Harga Dan Promosi Terhadap ...’ 202.” 23(3):202–24.

Sinambow, Sandy, And Irvan Trang. 2015. “Pengaruh Harga, Lokasi, Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Komputer Game Zona Mega Mall Manado.” Jurnal Emba 3(3):300–311.




DOI: https://doi.org/10.33365/jeb.v3i1.310

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Faculty of Economy and Business
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : https://jurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JEB/index
E : jeb@teknokrat.ac.id.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.