ANALISIS PENERAPAN GREEN ACCOUNTING PADA BADAN USAHA MILIK DESA (STUDI KASUS PADA BUMDES FAJAR BARU, KECAMATAN JATI AGUNG, KABUPATEN LAMPUNG SELATAN)

Elda Dias Wati, Tri Darma Rosmala Sari, Fedi Ameraldo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana penerapan Green Accounting yang dilakukan oleh BUMDes dalam kaitannya dengan identifikasi, pencatatan, pengukuran, pencatatan, penyajian dan pengungkapan biaya lingkungan dalam laporan keuangan. Penelitian ini dilakukan di BUMDes Fajar Baru, Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan sumber data primer dan sekunder. Data primer dari wawancara dan data sekunder dari metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan mengklasifikasikan biaya lingkungan, kemudian menganalisisnya, membandingkannya dengan PSAK yang sesuai, melakukan wawancara dan menyimpulkannya. Hasil kajian menunjukkan bahwa di BUMDes Fajar Baru tidak ada perlakuan khusus terhadap biaya lingkungan, biaya lingkungan tersebut tidak dikelompokkan menurut kategorinya pada alokasi tahap ke-5. BUMDes Fajar Baru oleh entitas TPST hanya menerapkan akuntansi lingkungan secara normatif, sehingga dapat dikatakan bahwa BUMDes Fajar Baru belum menerapkan akuntansi lingkungan secara sempurna.

Kata Kunci: Green Accounting, Biaya lingkungan, BUMDes


Full Text:

PDF

References


Aan Komariah, Djam’an Satori, 2011, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung, Alfabeta.

Adnyana, I. D. G. A. J., Atmadja, A. T., Herawati, N. T., & Ak, S. E. (2018). Analisis Penerapan Akuntansi Lingkungan Pada Badan Usaha Milik Desa Untuk Mewujudkan Green Accounting (Studi Pada BUMDes Desa Tajun, Kecamatan Kubutambahan, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali).

Aniela, Y. (2012). Peran Akuntansi Lingkungan Dalam Meningkatkan Kinerja Lingkungan Dan Kinerja Keuangan Perusahaan. Berkala Ilmiah Mahasiswa Akuntansi, 1(1).

Cohen, N., & P. Robbins. (2011). Green Business: An A-to-Z Guide. Thousand Oaks, California: SAGE Publications Inc.

Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan.

Dewan Standar Akuntansi Keuangan Ikatan Akuntansi Indonesia. 2012. Standar Akuntansi Keuangan. IAI, Jakarta.

Gonzalez, C. C., & Mendoza, K. H. (2021). Green accounting in Colombia: a case study of the mining sector. Environment, Development and Sustainability, 23(4), 6453-6465.

Hansen, Don R., dan Maryanne M. Mowen. (2007). Management Accounting, 8 th edition. South Western,USA: Thomson Learning.

Harjanti, W. N., & Widajantie, T. D. (2021). Analisis Penerapan Akuntansi Lingkungan Pada RumahSsakit Umum Daerah dr. Mohammad zyn sampang (Studi Kasus pada Rumah Sakit Umum Daerah dr. Mohammad Zyn Sampang). Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(3), 454-464.

Herath, G. (2005). Sustainable development and environmental accounting: the challenge to the economics and accounting profession. International Journal of Social Economics.

Huonga, N. T., & Hanga, T. T. (2020). Opportunities and Challenges when Green Accounting Is Applied in Vietnam in the Trend of Sustainable Development. Sustainable Development In Accounting, Auditing And Finance, 12.

Ikatan Akuntansi Indonesia. (2007). Standar Akuntansi Keuangan. PSAK No. 31.

Ikatan Akuntan Indonesia. 2013. Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP). Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia

Ikhsan, Arfan. 2008. Akuntansi Lingkungan dan Pengungkapannya. Graha Ilmu, Jakarta.

Ikhsan, Arfan. 2009. Akuntansi Manajemen Lingkungan. Yogyakarta: Graha Ilmu. International Federation of Accountants (IFAC). “International Guidance Document - Environmental Management Accounting”. Agustus, 2005

Lako, A. 2018. Green Economy Menghijaukan Ekonomi, Bisnis, dan Akuntansi.Jakarta: Erlangga.

Pemerintah Republik Indonesia, 2014, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Peraturan Bank Indonesia Nomor 7/2/pbi/2005 Tentang Penilaian Kualitas Aktiva Bank Umum




DOI: https://doi.org/10.33365/jeb.v4i1.155

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Faculty of Economy and Business
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : https://jurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JEB/index
E : jeb@teknokrat.ac.id.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.