Sejarah Perkembangan Matematika dalam Dunia Pendidikan

Lispika Lispika

Abstract


Abstrak
Matematika merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang sangat penting dalam dunia pendidikan dan menjadi dasar bagi bidang studi lain. Matematika juga sangat berpengaruh dalam studi lain karena hampir semua dalam kehidupan memperlukan matematika. Saat ini perkembangan matematika sudah sangat pesat. Tulisan matematika yang sangat kuno telah ditemukan oleh Pimpton 322 (matematika Babilonia sekitar tahun 1900 SM), lembaran matematika Rhind (matematika mesir sekitar 2000-1800 SM) dan lembaran matematika Moskwa (matematika Mesir sekitar 1890 SM). Dari zaman kuno melalui pertengahan zaman, kreavitas matematika sangat sering didampingi oleh abad-abad kemandekaan. Berasa pada waktu seratus tahun Renaisans Italia pada masa waktu seratus tahun ke-16, pengembangan matematika baru berinteraksi dengan penemuan ilmiah yang dihasilkan pada saat pertumbuhan eksponensial yang berlaku hingga sekarang. Adapun benda matematika yang ditemuka oleh para ilmuan. Benda matematika tertua yang sudah dikenal dengan tulanga Lebombo, yang ditemukan di pegunungan Lembombo di Swaziland dan mungkin berasal dari tahun 35000 SM. Tulang tersebut torehan yang berbeda yang disengaja digoserkan pada tulang fibila baboon. Artefak prasejarah ditemukan di AFrika dan Perancis, dari tahun 35000 SM dan sudah berumur 20.000 tahun, menujukkan upaya dini untuk menghitung waktu.
Kata kunci: Sejarah perkembangan matematika, Babilonia, Mesir, Lembombo, sejarah peradaban.


Full Text:

PDF

References


Utami, Y. P., & Ulfa, M. (2021). Pemahaman Mahasiswa Pendidikan Matematika pada Perkuliahan Daring Filsafat dan Sejarah Matematika. MATHEMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 3(2), 82-89.

Jupri, A. (2017). Pendidikan matematika realistik: Sejarah, teori, dan implementasinya. Bunga rampai kajian pendidikan dasar: Umum, matematika, bahasa, sosial, dan sains, 85-95.

Anderha, R. R. (2021). Perkembangan Pembelajaran dan Pendidikan Matematika Melalui Sejarah Matematika. Jurnal Dunia Ilmu, 1(2).

Anderha, R. R., & Maskar, S. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI

MATEMATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING MATERI EKSPONENSIAL. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(2), 1–7.

Ulfa, M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Thinking Aloud Pairs Problem Solving (TAPPS) dengan Pendekatan Saintifik ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 345–353.

Parnabhakti, L., & Ulfa, M. (2020). Perkembangan Matematika dalam Filsafat dan Aliran Formalisme yang Terkandung dalam Filsafat Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 11–14.

Sulistyaningrum, D. E., Karyanto, P., & Sunarno, W. (2015). Pengembangan Modul Berbasis Model Pembelajaran Arias untuk Memberdayakan Motivasi dan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Ekosistem. INKUIRI Jurnal Pendidikan IPA, 4(1), 104–116.

Maharani, M., Supriadi, N., & Widiyastuti, R. (2018). Media pembelajaran matematika berbasis kartun untuk menurunkan kecemasan siswa. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 101-106.

Siwi, F., & Puspaningtyas, N. D. (2020). PENERAPAN MEDIA PEMBEMBELAJARAN

KOGNITIF DALAM MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS MENGGUNAKAN VIDEO DI ERA 4.0. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 7–10.

Maskar, S., & Dewi, P. S. (2020). Praktikalitas dan Efektifitas Bahan Ajar Kalkulus

Berbasis Daring Berbantuan Geogebra. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 888–899.




DOI: https://doi.org/10.33365/jae.v2i2.67

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Lispika Lispika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


The articles published in Journal of Arts and Education are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Creative Commons License

Publish by : Universitas Teknokrat Indonesia

Organizes : Faculty of Arts and Education.