PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN SENAM LANTAI KAYANG PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR NEGERI TANJUNG PAGAR 4 BANJARMASIN

Edwin Wahyu Dirgantoro

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah penerapan media gym ball agar dapat meningkatkan hasil gerakan senam lantai kayang pada peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri Tanjung Pagar 4 Banjarmasin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu peneliti sebagai pengamat. Pengamatan pada saat waktu proses belajar mengajar berlangsung. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV (empat) di Sekolah Dasar Negeri Tanjung Pagar 4 Banjarmasin. Sampel penelitian ini berjumlah 36 orang peserta didik, yang terdiri dari 17 putra dan 19 putri. Siklus yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 3 kali siklus. Proses peningkatan kemampuan hasil belajar pada materi senam lantai kayang sesudah diterapkan menggunakan media gym ball, mendapatkan hasil yang baik berdasarkan KKM yang telah ditentukan yaitu sebesar 75. Penerapan media gym ball dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam melakukan gerakan senam lantai kayang dengan rata – rata nilai pada siklus pertama nilai rata – rata 65.3. Peserta didik yang mencapai KKM sebanyak 11%. Siklus kedua nilai rata – rata 70.6. Peserta didik yang mencapai KKM sebanyak 36%. Siklus ketiga nilai rata – rata 75.5. Peserta didik yang mencapai KKM sebanyak 58,3%.

Full Text:

PDF

References


Ali Machfud, dkk. 2018. Pengetahuan Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Surabaya Tentang Alat Olahraga Gym Ball. Journal of Sport and Exercise Science, Volume 1, Nomor 1, Halaman 01-07.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Ashadi, Kunjung, dkk. 2015. Cara Mudah latihan Gym Ball. Surabaya: CV Rizki Aulia Group.

Balakrishnan, R. yazid, E. Mahat, MFB. 2016. Effectiveness of the core stabilization exercise on floor and Swiss ball on individual with non-Specific low back pain. International Journal of Physical Education Sports and Health. Volume 2, Number 1. Page 347-350.

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Gava Media. Jakarta.

Dwi Susilowati. 2018. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran. Jurnal Edunomika Volume 02 Nomor 01. Halaman 36-46.

Fatmaridha Sabani. 2019. Perkembangan Anak-anak Selama Masa Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, Volume 8 Nomor 2. ISSN 2302-1330.

Harsuki. 2013. Olahraga, pendidikan jasmani, kesehatan, dan rekreasi: Sebuah perdebatan etimologis. In T. C. Mutohir, A. Maksum, & M. Muhyi (Eds.), Ilmu keolahragaan di Indonesia (1st ed., pp. 42–53). Surabaya: Graha Media.

Larsson, H., & Nyberg, G. 2017. ‘It doesn’t matter how they move really, as long as they move.’ Physical education teachers on developing their students’ movement capabilities. Physical Education and Sport Pedagogy, 22(2), 137–149. https://doi.org/10.1080/17408989.2016.1157573

Lutfiyanto, A., Hidayah, T., & Fakhruddin. 2019. Performance of certified physical education teacher (Review of self concept and work motivation). Journal of Physical Education and Sports, 8(2), 133–139. https://doi.org/10.15294 /jpes.v8i2.24587

Mania, Sitti, 2008. Observasi Sebagai Alat Evaluasi dalam Dunia Pendidikan dan Pengajaran. Lentera Pendidikan: Makassar.

Mislan, & Santoso, D. A. 2019. Peran Pengembangan Media Terhadap Keberhasilan Pembelajaran PJOK di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional IPTEK Olahraga, 12–16. https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/semnassenalog/article/view/585

Natalina Nilamsari. 2014. Memahami Studi Dokumen Dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Wacana Volume 3 Nomor 2. 177-181.

Ratmawati,Y. Setiawan. Kuntono, H.P. 2015. Pengaruh latihan Swiss Ball Terhadap Peningkatan Fleksibilitas Trunk Pada Remaja Putri Usia 17-21 Tahun. Jurnal Terpadu Ilmu Kesehatan, Volume 4, Nomor 1, hlm. 19–22.

Ramando Gentana, dkk. 2018. Upaya Peningkatan Gerak Dasar Kayang Dengan Alat Bantu Bola, Box Dan Bantuan Teman. Jurnal Olahraga Prestasi. Volume 14 Nomor 2. Halaman 121-136.

Rithaudin, A., & Hartati, B. S. 2016. Upaya Mening katkan Pembelajaran Passing Bawah Permainan Bola Voli Dengan Permainan Glagahombo I Tempel Sleman Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Jasmani Indo nesia, 12(1). Halaman 51–57.

Rif’at Shafwatul Anam. 2017. Instrumen Penelitian Yang Valid Dan Reliabel. Jurnal Edukasi Sebelas April. Volume 1 Nomor 1. Halaman 1-8.

Sangadji, Sopiah. 2012. Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis Dalam Penelitian. Yogyakarta: CV. Adi Offset.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : CV Alfabeta.

Stolz, S. A. 2014. The philosophy of physical education: A new perspective (1st ed.). London and New York: Routledge.

Sundstrup, Emil. 2012. Original Research Swiss Ball Abdominal Crunch With Added Elastic Resistance Is an Afeective Alternative To Training Machines. The International Journal of Sports Physical Therapy. Volume 7, Number 4. Page 372

Wahyu Ilahi Syam. (2020). Survei Pembelajaran Kayang Menggunakan Alat Bantu Siswa SMP Negeri 18 Makassar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar




DOI: https://doi.org/10.33365/jae.v2i1.61

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Edwin Wahyu Dirgantoro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


The articles published in Journal of Arts and Education are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Creative Commons License

Publish by : Universitas Teknokrat Indonesia

Organizes : Faculty of Arts and Education.