EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA RUMAH ADAT PANJALIN PADA MATERIKONSEP DASARGEOMETRIDI SEKOLAH DASAR

SHERYL INTAN AMALIA

Abstract


Budaya dan matematika mempunyai keterkaitan yang erat, dan rumah adat adalah salah satunya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil pembelajaran rumah adat Panjarin di provinsi Majalenka dengan menggunakan bahan ajar geometri di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini menggunakan data wawancara, observasi, dokumen, dan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan memanfaatkan reduksi data, penyajian data, validasi, dan inferensi. Berdasarkan hasil penelitian, arsitektur rumah adat Panjarin meliputi konsep matematis, (1) bentuk atap rumah  trapesium, dan penyangga  rumah adat  berbentuk balok; (2) Bagian atas/langit-langit berbentuk balok . Rumah mempunyai unsur persegi, (3) dinding rumah berbentuk persegi panjang, dan (4) bagian penyangga rumah adat Panajarin berbentuk balok. Secara umum konsep geometri yang terdapat pada rumah adat Panjarin dapat dijadikan sebagai sumber alternatif pembelajaran matematika khususnya materi geometri berbasis matematika etnik.


Full Text:

PDF

References


Jurnal Cakrawala Pendas Vol. 8, No. 1, Januari Afnenda, A. B. (2021). Analisis Keterampilan Geometri Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Transformasi Dan Kesebangunan Geometri Rumah Adat Osing. Kadikma, 11(3), 29. Https://Doi.Org/10.19184/Kdma.V11i3.22280

Agustini, N. K. A., Leton, S. I., & Fernandez, A. J. (2019). Studi Etnomatematika Pada Budaya Masyarakat Larantuka. Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika, 1(1), 27–32. Https://Doi.Org/10.30822/Asimtot.V1i1.95

Baroroh, Y. N., Nurhayati, E., & Ulfah, M. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika D Bernuansa Rumah Adat Melayu. Jurnal Penelitianpendidikan Mipa, 5(1), 31–36.

Beti, S. At Al. (2021). Analisis Konsep-Konsep Matematika Pada Oko Mama Masyarakat Kuanfatu Kabupaten Timor Tengah Selatan. Asimtot: Jurnal Kependidikan Matematika, 3(2), 167–176.

Dewita, A., Mujib, A., & Siregar, H. (2019). Studi Etnomatematika Tentang Bagas Godang Sebagai Unsur Budaya Mandailing Di Sumatera Utara. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 1–12. Https://Doi.Org/10.31980/Mosharafa.V8i1.202

Febriani, P., Widada, W., & Herawaty, D. (2019). Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sma Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 04(02), 120–

Https://Ejournal.Unib.Ac.Id/Index.Php/Jpmr/Article/View/9761/4795

Hafsi, A. R., & Hasanah, S. I. (2018). Kajian Etnomatematika Pada Rumat Adat Taneyan Lanjeng. Prosiding Silogisme Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pgri Madiun, July 2018, 191–197.

Http://Prosiding.Unipma.Ac.Id/Index.Php/Psnpm/Article/Viewfile/602/601

Kholisa, F. N. (2019). Eksplorasi Etnomatematika Terhadap Konsep Geometri Pada Rumah Joglo Pati. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 61–70. Http://Ojs.Uho.Ac.Id/Index.Php/Jpm

Lestari, D., & Aisyah, N. (2018). Pengembangan Lks Berbasis Teori Apos Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Di Smp Dengan Konteks Rumah Adat Musi Banyuasin. Kreano: Jurnal

Matematika Kreatif-Inovatif, 9(1), 1–9. Https://Doi.Org/10.15294/Kreano.V9i1.12259

Lubis, S. I., Mujib, A., & Siregar, H. (2018). Eksplorasi Etnomatematika Pada Alat Musik Gordang Sambilan. Edumatika : Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 1. Https://Doi.Org/10.32939/Ejrpm.V1i2.246

Maharani, A., & Maulidia, S. (2018). Etnomatematika Dalam Rumah Adat Panjalin. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 2(2), 224.

Https://Doi.Org/10.30738/Wa.V2i2.3183

Mar, A., Mamoh, O., & Amsikan, S. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Pada Rumah Adat Manunis Ka’umnais Suku Uim Bibuika Kecamatan Botin Leobele Kabupaten Malaka. Jurnal Mathedu (Mathematic Education Journal), 4(2), 155–162. Https://Doi.Org/10.37081/Mathedu.V4i2.2446

Merdja, J., & Pendy, A. (2021). Eksplorasi Konsep-Konsep Etnomatematika Pada Rumah Adat “Keda Nua Pu’u Nida” Desa Watunggere. 4(September), 32–41.

Pratami, R. K. V. M., Pratiwi, D. D., & Muhassin, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantu Adobe Flash Melalui Etnomatematika Pada Rumah Adat Lampung. Numerical: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 125. Https://Doi.Org/10.25217/Numerical.V2i2.293

Raharjo, S. B. (2019). Eksplorasi Etnomatematika Uem Le ’ U Insana Dalam Studi, Program Matematika Konsep Geometri Pendidikan Timor Universitas Barat Kecamatan Insana. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 56–69.

Rahmawati Z, Y. R., & Muchlian, M. (2019). Eksplorasi Etnomatematika Rumah Gadang Minangkabau Sumatera Barat. Jurnal Analisa, 5(2), 123–136. Https://Doi.Org/10.15575/Ja.V5i2.5942

Rakhmawati, R. (2016). Aktivitas Matematika Berbasis Budaya Pada Masyarakat Lampung. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 221–230. Https://Doi.Org/10.24042/Ajpm.V7i2.37

Sari, E. F. P., Somakim, & Hartono, Y. (2018). Etnomatematika Pada Kebudayaan Rumah Adat Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan. Journal Of Medives, 2(1), 137–144.




DOI: https://doi.org/10.33365/jae.v3i1.469

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 SHERYL INTAN AMALIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


The articles published in Journal of Arts and Education are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Creative Commons License

Publish by : Universitas Teknokrat Indonesia

Organizes : Faculty of Arts and Education.