Penerapan Pembelajaran Batik Cap dan Ikat Celup Bagi Siswa SMA di Jakarta Selatan
Abstract
Pembelajaran seni rupa merupakan salah satu ilmu yang ada di dalam mata pelajaran Seni Budaya di sekolah. Dalam pembelajaran seni rupa, seseorang diajarkan untuk membuat sebuah karya dengan ekspresi, keterampilan dan imajinasi mereka sehingga menjadi pembelajaran berbasis estetika. Namun keterbatasan waktu belajar membuat para guru kesulitan dalam mengajarkan keterampilan yang membutuhkan waktu lama seperti membatik. Tujuan pelatihan ini yaitu untuk memberikan keterampilan membatik dan teknik ikat celup dengan sasaran peserta para siswa dan siswi SMA di wilayah Jakarta Selatan. Pelatihan membatik ini dilaksanakan dengan memanfaatkan limbah kertas karton sebagai bahan dasar pembuatan canting cap batik secara bertahap dengan tingkat kesulitan teknik yang berbeda. Kegiatan pembelajaran membatik dilakukan menggunakan pendekatan learning by doing dengan metode demonstrasi yang dikombinasi menggunakan video tutorial. Dari seluruh nilai rata-rata peserta mendapatkan nilai yang kompeten. Sehingga pelatihan ini dapat dikatakan berhasil, meskipun peserta masih harus belajar dengan tekun agar dapat meningkatkan kemampuan membatik cap dan ikat celup dengan baik.
References
Aguado, N. A. (2009). Teaching research methods: Learning by doing. Journal of Public Affairs Education, 15(2), 251-260
Angraini, F., & Waty, E. R. K. (2022). Evaluasi Program Pelatihan Menjahit (Kasus di Uptd Panti Sosial Rehabilitasi Anak Membutuhkan Perlindungan Khusus Indralaya). Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM), 9(2), 202-218.
Anisaturrahmi. (2021). Evaluasi Pendidikan NonFormal Pada Rumoh Baca Hasan-Savvas di Kota Lhokseumawe. Pionir: Jurnal Pendidikan, Volume 10, No. 2
Al Hazmi, F., & Oetopo, A. (2022). Utilization Of Rhizophora Stylosa Bark For Natural Dyeing On Cotton Batik Fabric. Corak: Jurnal Seni Kriya, 11(1), 55-56.
Aryandari, C., Siahaya, K. M., & Al Hazmi, F. (2023). Ulahahan Babatu Orchestra: Concept and Functional Role of Inclusive Music Community. Harmonia: Journal of Arts Research and Education, 23(1), 40-52.
Dewi, S. M., & Fitria, R. (2021). Peningkatan Keterampilan Tata Rias dan Busana Pesta di Jorong Kapuak Koto Panjang Nagari Barulak Kecamatan Tanjung Baru Kabupaten Tanah Datar. Abdi: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 55-60.
Dwivita, R., & Muarifuddin, M. (2023). Pemberdayaan Perempuan Berbasis Pendampingan Pada Usaha Batik Kabupaten Pati. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM), 10(1), 1-18.
Hackathorn, J. et al., (2011). Learning by Doing: An Empirical Study of Active Teaching Techniques. Journal of Effective Teaching, 11(2), 40-54
Irwan, Mahfuzi. (2017). Evaluasi Program Pelatihan Keterampilan Mengolah Limbah Kertas Semen Pada PKBM Cahaya Kota Binjai. JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat), 4 (2), 121-132.
Joseph, Mario Carl dkk. (2018). Penerapan Terapi Seni dalam Mengurangi Kecemasan pada Perempuan Korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga di Jakarta. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora dan Seni, Vol. 2 No. 1
Kamil, M. (2003). Model-model pelatihan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Oetopo, R. A. A., Suprabanindya, CT, Despriliani, R., & Hazmi, F. al.(2021). Penerapan zat pewarna alami limbah organik kulit rambutan (Nephelium Lappaceum) pada bahan katun dengan teknik Shibori (tie dyes) dan batik. Jurnal Imajinasi, 5(1), 1-10.
Ratnasari, Sri dkk. (2021). Pemberdayaan Perempuan Melalui Pelatihan Kewirausahaan Menjahit di PKBM Bina Swakarya. DIKLUS: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, Number:1, (Volume 5).
Sari, Shindi Yana Desi Rahma & Rizza Megasari. (2021). Pemberdayaan Penyandang Disabilitas Melalui Community Development KSM Batik Percik. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Pendidikan, 1(8).
Susanto, S. (2018). Seni Batik Indonesia. Penerbit Andi.
Tridjata, Caecillia & Ataswarin Oetopo & Fariz Al Hazmi. (2022). Pemberdayaan Penyandang Disabilitas Mental Melalui Pelatihan Membatik di Yayasan Jiwa Layang. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 6(2), 127-137.
Wulandari, Ari. (2022). Batik Nusantara : Makna Filosofi, Cara Pembuatan dan Industri Batik. Yogyakarta : Andi Yogyakarta.
Zuljan, D., Zuljan, M. V., & Papak, P. P. (2021). Cognitive Constructivist Way of Teaching Scientific and Technical Contents. International Journal of Cognitive Research in Science, Engineering & Education (IJCRSEE), 9(1). https://doi.org/10.23947/2334-8496-2021-9-1-23-36
DOI: https://doi.org/10.33365/jae.v4i2.503
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Caecilia Tridjata Suprabanindya, Fariz Al Hazmi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The articles published in Journal of Arts and Education are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Publish by : Universitas Teknokrat Indonesia
Organizes : Faculty of Arts and Education.