Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar dengan Storytelling
Abstract
Abstrak
Pembentukan karakter dapat diartikan sebagai pendidikan nilai, pendidikan moral, pembentukan karakter, dan pengembangan seluruh warga sekolah untuk mengambil keputusan yang baik, bertanggung jawab, menjaga apa yang baik, dan menjalani keseharian dengan penuh kesadaran, mengarah pada kebiasaan-kebiasaan yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi efektivitas storytelling sebagai metode pendidikan karakter pada siswa sekolah dasar, dengan fokus pada bagaimana guru dapat menggunakan metode storytelling untuk membentuk karakter siswa dan menanamkan nilai-nilai dan perilaku positif. Metodologi yang digunakan yaitu literature review dengan pendekatan sistematis untuk mengumpulkan, mengevaluasi, dan mensintesis pengetahuan yang telah diterbitkan dalam literatur ilmiah terkait topik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa storytelling merupakan metode yang efektif untuk penanaman karakter pada siswa sekolah dasar.
Kata Kunci: storytelling; karakter; sekolah dasar.
Abstract
Character building can be defined as value education, moral education, character building, and the development of all school members to make good decisions, take responsibility, maintain what is good, and live their daily lives with full awareness, leading to good habits. The purpose of this study is to explore the effectiveness of storytelling as a method of character education in elementary school students, focusing on how teachers can use the storytelling method to shape student character and instill positive values and behaviors. The methodology used is a literature review with a systematic approach to collect, evaluate and synthesize knowledge that has been published in scientific literature related to the topic. The results showed that storytelling is an effective method for character inculcation in elementary school students.
Keywords: storytelling; character; elementary school.
Full Text:
PDFReferences
Azis, A. R. (2023). Penanaman Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar melalui Metode Mendongeng. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 6(1), 43–54. https://doi.org/10.30605/cjpe.612023.2483
Haerudin, D. A., & Cahyati, N. (2018). Penerapan Metode Storytelling Berbasis Cerita Rakyat dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Anak. Jurnal Pelita PAUD, 3(1), 1–9.
Handrayani, G. S. E. (2022). Penerapan Metode Story Telling Pada Pembelajaran Berbicara di Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 1–10.
Hasanah, U. (2018). Strategi Pembelajaran Aktif untuk Anak Usia Dini. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 23(2), 204–222. https://doi.org/10.24090/insania.v23i2.2291
Husada, S. P., Taufina, T., & Zikri, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Tematik dengan Menggunakan Metode Visual Storytelling di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 419–425. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.373
Jurahman, Y. D. (2022). Implementasi Mendongeng pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Penanaman Karakter Anak Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(2), 161–167. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i2.p161-167
Kalsum, U., & Taufiq, M. (2023). Upaya Guru Meningkatkan Maharah Istima’ melalui Metode Storytelling pada Siswa Kelas X. Journal of Education Research, 4(3), 1251–1258. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.314
Khairoes, D., & Taufina, T. (2019). Penerapan Storytelling untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1038–1046. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.220
Lestari, P. I., & Prima, E. (2023). Pengaruh Metode Storytelling Berbasis Kearifan Lokal Bali terhadap Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1295–1301. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3012
Mardhotillah, S., Surya, Y. F., & Zulfah, Z. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Paired Story Telling untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis karangan Narasi Peserta Didik Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education, 2(1), 262–269. https://doi.org/10.31004/jote.v2i1.1229
Marta, E., Elvina, Rejeki, & Safrudin. (2022). Pendidikan Karakter melalui Mendongeng Di SD Negeri 003 Rambah. Jurnal Masyarakat Negeri Rokania, 3(1), 163–166. https://doi.org/10.56313/jmnr.v3i1.103
Mayarizka, N., & Christin, M. (2020). Implementasi Komunikasi Pendidikan untuk Meningkatkan Pendidikan Karakter Anak Usia 6-12 Tahun melalui Metode Storytelling (Analisis Program Komunitas Arsa Bandung). EProceedings of Management, 7(3).
Nantara, D. (2022). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Kegiatan di Sekolah dan Peran Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 2251–2260.
Novitasari, D. W., & Abduh, M. (2022). Upaya Guru dalam Melatih Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar Berbasis Teori Behaviorisme. Jurnal Basicedu, 6(4), 6373–6378.
https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3261
Puspita Sari, V. D. (2022). Analisis Keterampilan Berbicara dengan Menggunakan Metode Storytelling pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(2), 88–98. https://doi.org/10.24176/jino.v5i2.7718
Ramdhani, S., Yuliastri, N. A., Sari, S. D., & Hasriah, S. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Karakter melalui Kegiatan Storytelling dengan Menggunakan Cerita Rakyat Sasak pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 153. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.108
Rusiyono, R., & Apriani, A.-N. (2020). Pengaruh Metode Storytelling Terhadap Penanaman Karakter Nasionalisme Pada Siswa SD. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 11(1), 11. https://doi.org/10.21927/literasi.2020.11(1).11-19
Yunistianingsih, Y., & Husain, I. A. (2022). Penanaman karakter sikap bersahabat melalui storytelling. Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, 2(1), 21–26. https://doi.org/10.30998/ocim.v2i1.6768
DOI: https://doi.org/10.33365/jae.v4i1.441
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Bunga Dwi Wulan, Chiryokuna Mukholis Aji Prasetyo, Chrisgracia Diafebrita Arenadradica, Diyah Yuliana Putri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The articles published in Journal of Arts and Education are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Publish by : Universitas Teknokrat Indonesia
Organizes : Faculty of Arts and Education.