Hubungan Tingkat Kebugaran Jasmani Terhadap Prestasi Belajar Penjas Tahun 2021

tedy supariyadi, Imam Mahfud, Rachmi Marsheilla Aguss

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat kebugaran jasmani terhadap prestasi belajar penjas tahun 2021 secara ilmiah. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 6 Bandar Lampung pada tahun 2021. Metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasi dengan statistik product moment, penelitian ini dilakukan secara obyektif atau apa adanya dengan sampel 24 Siwa kelas XI SMA Negeri 6 Bandar Lampung yang diambil dengan teknik random sampling. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan tingkat kebugaran jasmani dengan prestasi belajar penjas siswa kelas XI SMA Negeri 6 Bandar Lampung. Berdasarkan dari hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa nilai r hitung sebesar 0,464 > 0,404 r tabel. Maka dapat disimpulan dari hasil penelitian tersebut bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara tingkat kebugaran jasmani terhadap prestasi belajar penjas siswa kelas XI SMA Negeri 6 Bandar Lampung.


Full Text:

PDF

References


Depdiknas. (2006). Kurikulum Pendidikan Jasmani.Jakarta

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.

Gumantan, A., Mahfud, I., & Yuliandra, R. (2020). Juornal Ilmu Keolahragaan. 8719(2006), 196–205. Fahrizqi, E. B., Jubaedi, A., & Suranto, S. (2013). Jurnal Penjaskesrek.

Mahfud, I., & Fahrizqi, E. B. (2020). Pengembangan Model Latihan Keterampilan Motorik Melalui Olahraga Tradisional Untuk Siswa Sekolah Dasar. Sport Science and Education Journal, 1(1), 31–37. https://doi.org/10.33365/.v1i1.622.

Sobarna, A., Hambali, S., & Koswara, L. (2020). Hubungan Tingkat Kebugaran Jasmani Dan Persepsi Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Jurnal Master Penjas Dan Olahraga, 1(April), 1–11. http://jmpo.stkippasundan.ac.id/index.php/jmpo/article/view/2/1

Widiastuti. (2015). Tes Pengukuran Olahraga. Rajawali Pers.

Hidayat, S., & Asroi. (2013). Manajemen Pendidikan Subtansi dan Implementasi Dalam Praktik Pendidikan di Indonesia. Pustaka Mandiri.

Gumantan, A., Mahfud, I., & Yuliandra, R. (2020). Pengembangan Aplikasi Pengukuran Tes Kebugeran Jasmani Berbasis Android. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 8719(2006), 196–205.

Hartono. (2011). Metodologi Penelitian. Zanafa.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Hartono, wahyudi, Ashadi, Nurhasan, J. (2013). Pendidikan Jasmani. Unesa University Press

Yuliandra, R. M. A. & R. (2020). Persepsi Atlet Futsal Putra Universitas Teknokrat Indonesia Terhadap Hipnoterapi Dalam Meningkatkan Konsenterasi Saat Bertanding. Jurnal Penjaskesrek, 7(2), 274–288.




DOI: https://doi.org/10.33365/jae.v2i2.109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 tedy supariyadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


The articles published in Journal of Arts and Education are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Creative Commons License

Copyright © 2021-2022 Journal of Arts and Education
Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia
All rights reserved.