LAB MAYA GEOMETRI: STRATEGI PEMBELAJARAN DARING TRANSFORMASI GEOMETRI DITENGAH COVID-19

yuli santika

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bahan ajar transformasi geometri agar menjadi media pembelajaran yang dapat membantu kesulitan dan kebosanan siswa dalam pembelajaran daring sehingga meskipun terhalang pandemi tidak menurunkan hasil dan motivasi belajar pada siswa pada materi transformasi geometri. Instrumen yang digunakan yaitu wawancara daring dan melakukan penelitian pada hasil penelitian sebelumnya. Berdasarkan penelitian diperoleh bahan ajar Lab Maya Geometry yang dapat mengintegrasikan matematika dengan teknologi masa kini. Lab Maya Geometri juga membantu siswa untuk menumbuhkan sikap belajar mandiri, menumbuhkan literasi teknologi, meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi matematika.


Full Text:

PDF

References


Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pencegahan COVID-19 Pada Satuan Pendidikan. Jakarta

Pavlovic, M., Vugdelija, N., & Kojic, R. (2015). The use of Social Networks for E-Learning Improvement. Hellenic Journal of Music Education, and Culture, 6(3), 13–17.

Ulfa, M., & Puspaningtyas, N. D. (2020). The Effectiveness of Blended Learning Using A Learning System in Network (SPADA) in Understanding of Mathematical Concept. Matematika Dan Pembelajaran, 8(1), 47–60. https://core.ac.uk/download/pdf/327234460.pdf

Yusta, N., dkk. (2016). Impact of instructional resources on mathematics performance of learners with dyscalculia in integrated primary schools, arusha city, tanzania. Journal of Education and Practice, 7, 12-18.

Ardius, A. (2019). Pemanfaatan Laboratorium Maya: Peluang dan Tantangan. Jurnal Teknodik, 24(2), 147-160.

Dewi, P. S., & Sintaro, S. (2019). Mathematics Edutainment Dalam Bentuk Aplikasi Android. Triple S (Journals of Mathematics Education), 2(1), 1-11.

Koparan, T. (2017). Analysis of Teaching Materials Developed by Prospective Mathematics Teachers and Their Views on Material Development. Malaysian Online Journal of Educational Technology, 5(4), 8–28.

Rahmawati, Y. (2010). Perkembangan Sistem Pendidikan Balai Pondok Pesantren Pabelan (Menuju Pesantren Modern). (Skripsi). Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Muna, I. A. (2016). Optimalisasi FungsiLaboratorium IPA melalui Kegiatan Praktikumpada Prodi PGMI Jurusan Tarbiyah STAIN Ponorogo. Kodifikasia. Vol. 10 No. 1.

Nirwana, Ratih Rizqi. (2011). PemanfaatanLaboratorium Virtual dan E-Reference dalamProses Pembelajaran dan Penelitian IlmuKimia. Jurnal PHENOMENON. Vol.1 No. 1,Juli 2011

Jaya, H. (2014). Laboratorium Virtual: Konsep dan Desain.

Clarinda, C., Novalina, N., Gu, M., & Faradiba, F. (2021). Panduan Penggunaan Laboratorium Virtual Laboratorium Maya dan PhET.

Nugroho, H. S. W., Sunarto, S., & Suparji, S. (2015). PERANCANGAN “LABORATORIUM MAYA SDIDTK” DALAM PEMBELAJARAN STIMULASI, DETEKSI, DAN INTERVENSI DINI TUMBUH KEMBANG ANAK. 2-TRIK: TUNAS-TUNAS RISET KESEHATAN, 5(1), 55-65.

Rohimat, S. (2021). PEMANFAATAN LABORATORIUM MAYA DALAM PEMBELAJARAN KOMPETENSI KETERAMPILAN KIMIA PADA MATERI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN. Jurnal Guru Indonesia, 1(1), 1-7.

Karlinda, D. F., & Suyatna, A. (2013). Perbandingan Kps Dan Hasil Belajar Menggunakan Metode Eksperimen Laboratorium Nyata Dan Maya. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(2).




DOI: https://doi.org/10.33365/jae.v2i2.107

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 yuli santika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


The articles published in Journal of Arts and Education are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Creative Commons License

Copyright © 2021-2022 Journal of Arts and Education
Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia
All rights reserved.