Kemampuan Penyelesaian Masalah Matematis Siswa Ditinjau dari Efikasi Diri

Refiesta Ratu Anderha

Abstract


Kemampuan penyelesaian masalah matematis sebagai sebagai bagian dari kemampuan berpikir tingkat tinggi yang sangat penting bagi siswa untuk dikuasai selama pembelajaran matematika. Kemampuan ini tidak hanya berguna dalam lingkungan akademik, tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari, seperti dalam pengambilan keputusan dan penyelesaian masalah. Selain itu, Tingkat keyakinan diri atau efikasi diri siswa berperan dalam menentukan sejauh mana siswa dapat mengembangkan ide serta menyelesaikan masalah secara efektif. Tujuannya adalah untuk mendeskripsikan kemampuan penyelesaian masalah matematis siswa berdasarkan kategori efikasi diri. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif, dan data dikumpulkan melalui angket dan wawancara dengan subjek penelitian yang dipilih berdasarkan kategori efikasi diri siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memiliki tingkat efikasi diri yang tinggi memiliki kemampuan yang lebih baik untuk menyelesaikan masalah matematis dibandingkan dengan siswa dengan tingkat efikasi diri sedang atau cukup tinggi.

Kata Kunci: matematika, kemampuan pemecahan masalah, efikasi diri

References


Aisyah, P. N., Yuliani, A., & Rohaeti, E. E. (2018). Kemampuan Komunikasi & Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi Segiempat Dan Segitiga. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 37–43. https://doi.org/10.31316/J.DERIVAT.V5I1.145

Anderha, R. R., & Maskar, S. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Pembelajaran Daring Materi Eksponensial. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 1(2), 1–7.

Anderha, R. R., Walid, & Kartono. (2023). Analysis of Flipped Classroom Learning with a Scientific Approach to Students’ Mathematical Problem Solving Ability in View of Self Efficacy. International Journal of Research and Review, 10(7), 608–620. https://doi.org/10.52403/ijrr.20230772

Ashri, D. N., & Khaerunnisa, E. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Teori APOS Ditinjau dari Self Efficacy Siswa. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 4(2), 72–81. https://doi.org/10.30598/jumadikavol4iss2year2022page72-81

Badjeber, R. (2020). Kemandirian Belajar Mahasiswa Tadris Matematika FTIK IAIN Palu Selama Masa Pembelajaran Daring. Koordinat Jurnal MIPA, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.24239/KOORDINAT.V1I1.1

Çiftçi, K., & Yildiz, P. (2019). The effect of self-confidence on mathematics achievement: The meta-analysis of Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS). International Journal of Instruction, 12(2), 683–694. https://doi.org/10.29333/IJI.2019.12243A

Dewi, P. S., & Septa, H. W. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Siswa dengan Pembelajaran Berbasis Masalah. MATHEMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1). https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/jurnalmathema/article/view/352

Gibson, J. (2017). Organization : Behavior, Structure, Processes. In Organizations: Behavior, structure, processes (4th ed.). McGraw-Hill Education. https://books.google.com/books/about/Organizations_Behavior_Structure_Process.html?hl=id&id=0ExYcgAACAAJ

Masruroh, Zaenuri, & Waluya, S. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Pembelajaran Berbasis Etnomatematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06(02), 1751–1760.

NCTM. (2014). Principles to Actions - National Council of Teachers of Mathematics. https://www.nctm.org/PtA/

Pradiarti, R. A., & Subanji. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP ditinjau dari Gaya Kognitif. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 379–390. http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa

Schleicher, A. (2019). PISA 2018: Insights and Interpretations. OECD Publishing.

Tambychik, T., & Meerah, T. S. M. (2010). Students’ difficulties in mathematics problem-solving: What do they say? Procedia - Social and Behavioral Sciences, 8, 142–151. https://doi.org/10.1016/J.SBSPRO.2010.12.020

Winarsih, M., & Mampouw, H. L. (2019). Profil Pemahaman Himpunan oleh Siswa Berdasarkan Perbedaan Kemampuan Matematika Ditinjau dari Teori APOS. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2). https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/557/499

Yulianah, L., Ni’mah, K., Rahayu, V., Magister, M. P., Matematika, P., Siliwangi, U., & Magister, D. P. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Berbantuan Media Schoology. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(1), 39–45. https://doi.org/10.31316/J.DERIVAT.V7I1.863




DOI: https://doi.org/10.33365/jae.v4i2.591

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Refiesta Ratu Anderha

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


The articles published in Journal of Arts and Education are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Creative Commons License

Publish by : Universitas Teknokrat Indonesia

Organizes : Faculty of Arts and Education.